Tuesday, October 6, 2015

Ortu, Jangan Merasa Bersalah pada Anakmu

Sebagai orang tua, jangan pernah merasa bersalah pada anak, jika kita sudah melakukan yang terbaik yang kita bisa. 
Mungkin kita tidak bisa membelikan semua barangyang mereka mau, atau tidak bisa selalu 24 jam bersama mereka di rumah, tetapi itu sama sekali tidak membuat kita menjadi terdakwa. 
Mensyukuri apa yang kita miliki, dan belajar membelanjakan secara cerdas, mengajari mereka bahwa tidak semua barang akan mampu terbeli karena ada hal lain yang lebih penting, tidak perlu membuat kita merasa bersalah sebagai orang tua. 
Tidak semua hal yang kita inginkan, bisa kita beli. Itu perlu diketahui si anak sejak dini, sehingga kelak mereka dewasa, mereka bisa mengatur keuangan mereka dengan bijak. 
Membelikan semua yang diinginkan anak (jika kita mampu), juga bukan solusi yang baik untuk menghilangkan rasa bersalah kita sebagai orang tua. 
Waktu yang kita miliki, mungkin tak bisa seutuhnya diberikan pada mereka. Ada saatnya kita butuh waktu sendiri, sama seperti mereka yang menikmati waktu mereka sendiri dengan nonton film kartun atau bermain game misalnya. 

 Ada waktunya bersama, ada waktunya bekerja, ada waktunya untuk masing2 menikmati kegiatannya sendiri. Ditinggalkan karena orang tuanya bekerja, bukan berarti si anak ditelantarkan, dan sama sekali tidak perlu membuat si ibu merasa bersalah. Mereka akan belajar menghargai saat2 bersama, dan juga bisa belajar menikmati saat2 sendiri.

~Lucia Mery
 

No comments: