Saturday, June 5, 2010

Sembelit anakku sembuh dengan tepung kanji



Sejak lahir, anakku mengalami sembelit. Biasanya dia BAB setiap 5 hari sekali.
Karena masih minum ASI, banyak yang menganggap normal jika bayi BAB 5 hari sekali. Tetapi bayi saya kelihatan sangat menderita setiap kali akan BAB. 

Mulai usia 1 bulan, saya telah membawanya ke dokter anak, dan sejak saat itu dia diberikan obat pencahar. Berbagai obat pencahar telah saya berikan pada anak saya atas resep dokter, mulai dari Lakxoberon, Laktulax, Lactulose, Dulcolax, dan lax-lax yang lain sampai saya sudah lupa saking banyaknya.

Saya juga telah berganti dokter berkali-kali. Beberapa dokter anak saya temui, dari dokter umum sampai dokter penyakit dalam anak-anak, karena saya takut anak saya terkena gejala hisprung.

Bermacam-macam serat makanan diberikan pada anak saya, seperti Pankreon, Biomucil, dan beberapa jenis lagi yang saya lupa namanya, tetapi keadaan tidak berubah.

Yang saya kesalkan, hampir semua dokter yang saya temui, kelihatannya menganggap enteng masalah saya. sampai saya sendiri yang mengajukan permintaan untuk USG usus anak saya, dan bahkan di-rontgen, atau kalau perlu di-endoscopy, tetapi kemudian saya mendengar dari orang, katanya endoscopy adalah proses yang sangat menyakitkan, di mana perut harus dikosongkan dan anak diminumkan cairan kuning yang bisa dilihat dari mesin, untuk melihat apakah ada penyumbatan atau tidak di ususnya.

Akhirnya saya bertahan selama 4 tahun... Empat tahun yang sangat menyedihkan bagi saya karena setiap kali mau BAB, anak saya akan ketakutan. Ketika dia tidak tahan lagi karena obat pencahar yang diminumnya, dia akan mengedan sampai berkeringat, muka dan seluruh badannya merah dan panas, lalu dia akan muntah. Menangis? Tentu saja. Saya juga menangis bersamanya.  Jika sudah begitu, terpaksa saya gunakan obat pencahar yang ditusukkan ke anusnya. Tapi efeknya anak saya menjadi trauma, dan dia mulai menjadi aneh, seperti sering bengong dan melamun begitu, sampai saya berpikir untuk membawanya ke psikolog anak/ psikiater.

Selama hampir 4 tahun saya menggunakan obat pencahar, baik yang dimasukkan lewat anal maupun oral, sehingga saya merasa saya sudah sangat pakar dalam hal obat2an untuk mengatasi sembelit ini.

Sekarang saya hanya mau share, apa saja yang telah saya lakukan selama hampir 4 tahun ini, selain ke dokter, di USG, di-rontgen, dan minum obat pencahar :

1. Anak dihentikan susu formula dan digantikan dengan air tajin selama sebulan atas saran dokter juga. (tidak ada hasil)
2. Dibuatkan jus jeruk, semangka, anggur, bayam, kangkung, melon, pepaya, selama seminggu untuk masing-masing buah... dan saya lakukan selama bertahun-tahun walaupun tidak ada hasil, karena saya pikir, anak saya juga membutuhkan serat dan vitaminnya.
3. Diberikan clorofil (air hijau klorofil yang katanya banyak serat dan dijual oleh MLM) setiap pagi dan sore ==> tidak ada hasil juga. Clorofil bisa juga didapatkan di apotik.
4. Diberi minum air putih banyak-banyak ==> tidak ada hasil
5. Diberikan satu sendok minyak zaitun setiap pagi ==> (tidak ada hasil)
6. Diberikan minyak ikan... apalagi ya???
7. Sampai saya menemukan artikel mengenai tepung sagu (saya ada copy dan posting di blog saya yang sebelumnya).
Tidak ada satupun kalimat yang mengatakan bahwa tepung sagu ini cocok untuk bayi, tetapi saya memutuskan untuk mencobanya, karena saya lihat tidak ada efek sampingnya. Saat itu saya sudah putus asa. Saya juga merasa bahwa tepung ini cukup aman, karena merupakan salah satu bahan makanan juga. Sering kan kita masak sup jagung dan memasukkan beberapa sendok tepung kanji di dalamnya untuk mendapatkan efek licinnya? Kemudian saya berharap dan berharap...Setelah saya coba, ternyata sedikit hasilnya.
8. Karena tepung sagu cukup sulit dicari, maka saya menggantinya dengan tepung kanji, atas dasar penuturan beberapa teman di internet yang mengatakan bahwa kedua tepung ini hampir sama.

TERNYATA.....

9. Dengan tepung kanji, untuk pertama kalinya selama hampir 4 tahun ini, anakku bisa BAB dengan lancar tanpa obat pencahar....saat ini sudah berjalan hampir 1 tahun... tidak pernah lagi menggunakan obat pencahar.

Caranya :

Saya masukkan satu sendok tepung kanji ke dalam 4 sendok susu untuk membuat susu 160 ml. Saya lakukan setiap kali saya membuat susu...(kurang lebih 6 kali sehari)
Tapi ada yang mencoba resep saya,dan anaknya menjadi mencret dan BAB sampai 3 x sehari, maka tepung kanjinya dikurangi menjadi cukup 1 x saja sehari. jadi takarannya tergantung kebutuhan. Karena anak saya gejalanya cukup berat, walaupun saya berikan tepungnya setiap kali dia minum susu, dia tetap aja BAB tiap 2 hari sekali,atau 1,5 hari dan BAB-nya tidak encer dan tidak mencret (tidak keras dan tidak encer-pas).

Sudah hampir setahun anak saya minum susu dengan dicampur tepung kanji, dan mungkin akan selamanya saya berikan. Setahu saya, tepung kanji tidak ada efek samping.saya pilih yang bermerek, aman dan jelas higienis. Tepung kanji menjaga feses anak saya tetap lembut. Sebelum minum tepung kanji, fesesnya hitam, keras, bulat dan kering. Setelah minum tepung kanji, fesesnya berubah menjadi kuning dan agak basah.

Walaupun minum tepung kanji, anak saya tetap tidak bisa BAB setiap hari, tetapi tidak masalah, karena sekarang kalau dia BAB, dia tidak lagi mengedan sampai mukanya merah dan muntah.

Suatu hari,saya belikan dia susu cair In**milk (sori menyebut merek, karena yang lain tidak mempunyai efek yang sama buat anak saya), dan setelah minum susu itu, dia bilang perutnya mulas dan mau BAB. Jadi setiap sore, atau kadang 2 hari sekali, saya juga memberikan susu itu padanya untuk merangsang keinginan BAB-nya. saya tidak mengatakan kalau susu itu bikin anak saya sakit perut, tetapi susu itu menolong membuatnya merasa mau BAB. Anak saya yang lain juga mengkonsumsi susu itu dan tidak ada pengaruh apapun.

Jika anak mau minum tepung kanji tanpa dicampurkan ke susu, silakan saja. Cukup 2 sendok tepung dilarutkan dalam segelas air putih suhu ruangan dan diminumkan ke anaknya. Boleh dicampur gula atau apapun, asalkan anak mau meminumnya.

Saya harap ibu-ibu yang lain bisa terbantu dengan blog saya ini, karena saya mengerti betapa menderitanya melihat penderitaan anak kita yang menderita setiap kali mau BAB, apalagi jika menemukan dokter yang menganggap enteng masalah ini....

Semoga bermanfaat.....

Jika ada pertanyaan,silahkan kirim email ke alamat email saya, dengan subjek yang jelas, karena saya jarang membuka blog saya :)

Selamat mencoba, tetapi resiko dan efek sampingnya, silakan dipertimbangkan dan ditanggung sendiri. Di sini saya tidak mencoba meyakinkan atau memaksa siapapun yang merasa ragu untuk mencoba terapi tepung kanji ini. Saya menulis di sini murni hanya untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Terima kasih.

226 comments:

1 – 200 of 226   Newer›   Newest»
Anonymous said...

terima kasih artikelnya, saya akan coba
sembelit anak memang bikin senewen

Anonymous said...

Hi mbak,
terima kasih artikelnya. akan saya coba :)
sembelit memang bikin senewen !!

Jekul said...

Hi Mbak Mery,
Terimakasih artikelnya. Anak saya juga bermasalah dg bab nya. Saya cari2 tentang cara memperlancar bab ternyata saya temukan disini.

umikembar said...

hi mba..thanks atas postingannya.sangat membantu saya mengatasi sembelit bayiku,..

Lucia Mery said...

@all: senang bisa membantu.jika anda terbantu,tolong sebarkan informasi ini kepada ibu2 yang lain melalui blog atau fb anda :)
Agar semakin banyak anak yang bisa terbantu dan bahagia :)

Dila Ermita said...
This comment has been removed by the author.
Lucia Mery said...

@bunda adzka: untuk anak dibawah 1 tahun,saya tidak berani menyarankan cara ini,karena ada resiko anak akan menjadi mencret.lebih baik ibu coba ke dokter anak dulu :)
terima kash.

Ara said...

hai..thanks for the article. saya pun runsing fikirkan masalah anak saya sembelit. happy jumpa article ni. sejak umur 12 bulan sampai 14bulan dia masih sembelit. harap lepas cuba tips ni boleh selesaikan masalah saya..

Anonymous said...

tapi bu,saat di beri susu sama kanji kan setelah unur 4 tahun khan ?
Kalo yg umur 1 Thn ke bawah ???

mamanessa said...

salam kenal mbak mery,
makasi banget artikelnya, tapi anak saya umur 7 bulan kira2 aman konsumsi kanji gak ya? (tanpa dimasak kan?)

Anonymous said...

hai mbak,,,makasih artikelnya. Sepertinya saya ingin mencobanya. meski anak saya belum genap 1th, tp akan saya coba sedikit dulu, apalagi tepung kanji tidak berbahaya. daridulu anak saya bermasalah dengan bab nya. saya sudah putus asa sampai lihat artikel ini. once more, thank's.. ;)

Anonymous said...

hai mery salam kenal saya della dari pontianak juga , thanks ya udah mau berbagi pengalamannya, saat ini ponakan saya juga lagi sembelit nih...dah hampir 1 bulan, ama dokter2 juga cuma dikasih obat pencahar n kyaknya selama dia sembelit berat badannya semakin menurun, gmana dengan anak ce mery...kurusan gak? trus bikin susu + kanji pake air hangat apa air mendidih ce? ditunggu infonya loh ce...thanks alot ya..email saya dellargn@yahoo.com.

Lucia Mery said...

@all: 1. mungkin perlu saya sampaikan lagi disini bahwa tepung kanji tidak boleh dimasak dan tidak boleh dicampur dengan air panas,karena tepung kanji akan berubah menjadi lem.
2. untuk anak dibawah usia 1 tahun,TIDAK SAYA ANJURKAN.
3. jika anak ibu berhasil sembuh dengan tepung kanji ini,tolong kembali kesini dan membagikan pengalaman anda ya...^^
terima kasih.

Anonymous said...

Hai, anakku sdh 3bln ini sembelit, & ak coba tips mbak langsung bab lancar, sedikit mencret, trus ak kasih teh kok malah susah bab lg ya, kembali ke tepung kanji lg kok blm ad efeknya lg???? Tq

peppyna ghifary said...

hi mba'
akhirnya sya menemukan artikel ini yg bsa dibilang cara "alamiah"thx buat artikelnya,saya akan coba sembelit anak saya...

Anonymous said...

terima kasih banyak atas tipsnya, sungguh ini sangat membantu

Anonymous said...

maaf mbak takaran kanji 1 sendok makan/1 sendok teh/1 sendok susu.

tks infonya

pelangi "asa" said...

makasi byk bunda, sy coba deh... abis sy kasian bgt anakku,BAB nya 2-3 hari sekali dan dia bsa bolak balik 4-5 kali utk BAB, yg k-5 biasanya baru brhasil BAB
mudah2an tips ini bsa mamudahkan BAB anak sy, skali lg makasi yaaa

Anonymous said...

hi mbak mery. trims atas infonya anak saya jg mengalami hal yg sama susuah bab semenjak umur 1th sampai skrg 3th pusing dibuatnya tip kali hrs bolak balik dokter..yg saya mau tanya, tepung kanji selain dicampur disusu bisa g langsung diminum saja dicampur air biasa n dikasih perasa ap boleh...

Lucia Mery said...

BOleh saja, jika anaknya mau meminumnya :)

Lucia Mery said...

Untuk takaran tepung kanjinya saya pakai sendok susu 40gr. tapi ada baiknya ibu sesuaikan pelan-pelan sesuai perkembangan anak. jika masih keras BABnya, boleh ditambah, jika terlalu lunak, boleh dikurangi.

kiky said...

anak saya mengalami sembelit sejak mengenal makanan padat (setelah lepas ASIX), usianya skrg 18 bulan, kebetulan dia pake susu soya, ini hari kelima dia konsumsi susu dicampur kanji, dia belum BAB juga, saya menunggu sejak 4 hari yg lalu dia sama sekali tidak menunjukkan tanda2 kebelet pup,kira2 kenapa yaaaa.... bingung juga jadinya

Anonymous said...

Haiii mba, anakku sama kasusnya dg mba mery, kadang ga tega liat anak mw bab sampai mukanya merah, sy kebetulan menemukan artikel mba mery ini dan sudah sy coba pake tepung kanji, namun susu nya msh formula. Tapi bab nya msh sj keras mba dan berhari2, apa mesti pake susu cair yg mba mery ceritakan d atas? Minta saran nya dunk mba.

Anonymous said...

Hi mbak, ‎​​​.·::·. ☂♓ÅήK•̃ Ɣ☺ΰ .·::·. Yah buat artikelnya.. Mau nanya anaknya minum susu dicampur kanji, tuh susunya merk apa mbak?⌣ ..†hàáååÑĶs.. ⌣ before

Anonymous said...

thanks artikelnya mbak, btw mo tanya mbak, selama susah BAB, apa perut si anak terlihat agak besar ga ya, karena anakku dari mulai 7 bulan dan skrng sdh setahun susah BAB, perutnya agak gede dibanding kponakanku yg sama umurnya tp tdk ada kendala BAB

Lucia Mery said...

Mungkin ada beberapa anak yang tidak cocok dengan tepung kanji. jika dicoba selama 2 minggu dan tidak ada perubahan, silahkan hentikan tepung kanjinya, dan cobalah dengan makanan lain. :)

Anonymous said...

Lg iseng liat blog ini jd mau ikutan berbagi sedikit info. anakku y pertma ASI sd 2th wkt 1th d campur dg su2 UHT pencernaanx lbh kuat dbandingkn adikny yg cm sd 8bl krn aq keburu hamil lg. S no.2 paling sering sembelit, sblm 1 th info dr DSA yg senior utk mnambahkan labu siam dlm menu MPASInya trnyta sukses, brgantiann dg pepaya biar ga bosan. Stlh 1th baru dg tepung kanji. Menurut DSA anakku pncernaan s no.2 lebih sensitif dpt dlihat kl BABny keras & hitam tnda dia alergi dg mkanan bs jg kndungan sufor y masuk. Jd baikny kita cr tahu kira2 ap akar pencetusny & hindari. Buat bunda yg menyusui saran sy kurangi konsumsi kalsium & zat besi dosis tgi bila bayinya konstipasi. Karena kebanyakan penyebab bayi ASI yang sulit BAB krn kandungan ASI bundanya tdk cocok dg pencernaan bayinya.wkt lahir anak k 3. Yg no 2 msh 15 bl. Kebayang capek, leLah & pusing jd satu aq genjot dg C** & san***ion biar jd super mom efekny babyku konstipasi lngsng kuganti dg konsumsi Sayur kangkung, labu siam & pepaya krn apa yang dimakan ibu akan dimakan bayi jg ;-)

Anonymous said...

Hai mbak mksh atas infonya... Disini saya jg ingin berbagi tips ya...
Anak saya berusia 7bln..
Sudah 1 mggu ini anak sy pny masalah susah BAB disebab kan anak saya mulai MPASI.. Fasesnya keras bgd.. Dan dia selalu nangis saat BAB..
Kemudian saya pergi ke DSA..
Kebetulan DSA anak saya adalah dokter yg tidak suka menggunakan obat-obat kimia sebagai solusinya...
Dan dia memberikan saran kepada saya untuk "memberikan beberapa sendok gula di sufor nya..."
Alhamdulilah mbak BAB anak saya kembali lancar warnanya jg sudah bagus...
Gula ini tidak boleh dikonsumsi setiap hari... Hanya pd saat anak sulit BAB saja..
Karna sama-sama kita ketahui klo gula dan garam blm boleh diberikan pada anak di bawah 1 tahun...
Silahkan mencoba.. Semoga tips dr DSA anak saya berguna bwd kita semua...

Lucia Mery said...

Artikel terkait: http://luciamery.blogspot.com/2010/01/tepung-kanji-untuk-anak-susah-bab.html

Anonymous said...

senang sekali bs ketemu tulisan ini. anakku umur 4thn susah bab. 2 hri sekali aq kasi lax*beron. krn dri umur 7blnan ud payah bab aq pke micr*lax dia trauma nangis ktakutan. pdhl aq takut pke obat2an oral. bab nyapn ga mau dikloset, msti berdiri. kasian bngt liatnya. aq mw coba tips mbk. di medan sini bnyk sih tep sagu yg utk bahan kue ongol2 tu kan? tp ragu higienis atw ga. blh tau merk tepung kanjinya mb yg kt mb higienis? trus minum susunya brrti dingin ya? mksdnya ga hangat gt. mbk pake susu apa? anakku da*cow. plisss mbak, aq takut ad apa2 dgn pncernaan anakku

Anonymous said...

Mba,anak saya usianya 15 bulan,bab nya susah juga,ga rutin tiap hari..setiap mau bab sakit perutnya sudah dari 10 jam sebelumnya..kira2 sebaiknya susu formula apa ya yg baik kalau mau dicampur dgn tepung kanji..krn saya kebingungan dengan sufor yg cocok..makasih ya

Anonymous said...

thank....saya sudah try petua ni...so...memang membantu.semoga anda meneruskan tanggungjawab seperti ini.mana u dapat petua ni?

Anonymous said...

Mba, mau tanya..anakk saya minum nutrilon royal 1 padahal sudah usia 20bln..dianjurin dokter karrena BABnya besar..memang dibanding nutrilon royal ttahap 2,3 memang lebi kecil, namun tetap saja bokong anak saya berdarah..BAB kalo saya pegang empuk..apa susu harus diencerin? Kalo pakai kanji BABnya bisa kecil? Thx

Anonymous said...

Mba, tolong balas ya...saya sudah stress ni kena bab anak saya...trus kalo dikasih kanji dicampur air susu hangat gpp? Ato harus dingin?

Anonymous said...

Tolong ya..balas disini ato tolong sms ke 081330720648..plisss ya mbaa..aku sudah gonta ganti dokter dan berpikiran sama ama mba mau periksa usus anak saya..ssoalnya pantat berdarah terus tiap bab:(

Lucia Mery said...

Maaf saya baru buka blog. Saya jarang buka blog sekarang. Paling sebulan seklai baru buka. Buat Mbak yang bertanya di atas, iya, dicampur dengan air hangat susu, langsung saja. mau diminum langsung pakai segelas air aqua juga boleh kok. Dicampur disusu hanya sebuah trik agar anaknya mau minum tepung kanji itu. Yang penting jangan pakai air panas karena tepungnya akan menggumpal.
Untuk lebih cepat menghubungi saya, bisa add saya di FB, tapi tolong disertakan inbox bahwa anda mau bertanya soal blog / tepung kanji ini ya. Soalnya saya jarang akan mengapprove permintaan teman dari orang tak dikenal. ini FB saya: http://www.facebook.com/lucia.mery

Lucia Mery said...

Kepada ibu zafi ika :
saya buka-buka dan baca-baca diinternet, lalu saya coba kan ke anak saya, satu per satu.

Jadi ini sebenarnya adalah hasil dari coba-coba. dan ternyata berhasil. Makanya saya lalu mencoba berbagi dengan membuka blog ini. Berharap ada orang tua yang juga akan terbantu, dan bisa sampai ke sini jika mereka terus mencari. Tolong anda teruskan juga untuk menyebarkan hal ini kepada semua orang, agar lebih banyak anak2 yang akan tertolong dengan cara sederhana ini.

Anonymous said...

makasih banyak ya mbak atas infonya..

Anonymous said...

Terima kasih mbak...saya Pengiran dari Brunei..anak saya berumur 9 bulan...kasihan nengok mau BAB tapi tidak bisa kerana keras...menangis..insyallah akan di coba tips ini..

nan said...

terimakasih infonya semoga anak saya bisa sukses BAB dengan cara ini..

Linawaty said...

Hai,anak saya (1tahun 9 bulan) juga susah Bab.Bab nya selalu 4 hari sekali dan keras sekali,sampai saya membaca artikel ini.saya sudah mencoba tips ini ke anak saya kurang lebih dr 2 minggu yang lalu. Tepung nya saya campurkan ke susu formula tiap kali dia minum(+/- 4x sehari). Untunglah berkat tepung kanji ini,meskipun anak saya bab nya 3-4 hari sekali,tp fesesnya ga keras lagi.aku sungguh berterima kasih atas artikel ini.mudahan ibu2 yang lain juga terbantu dengan adanya artikel ini

erniy2 said...

ijin share ya.... terakhir kumpul dgn teman2 ada salah satu dari mereka yg anaknya BAB 5 hari sekali, kasihan masih usia 1 th an... (mendengar ceritanya dalam hati merasa kasihan)

erniy2 said...

minta ijin share ya.....

erniy2 said...

ijin share ya...

Anonymous said...

thanks buat bunda Mery, saya Retno bundanya Gege (11 bulan) dari jogja. Anak saya juga mengalami susah bab sejak mp-asi. Pergi ke- 3 dsa dikasih obat pencahar hasilnya nihil, anak saya malah jadi sering kebelet tapi ga bisa bab, malah nangis. Yang sudah saya coba : jus sayur, makanan diencerkan,air gula, jus buah,pijat,air putih. Pepaya anak saya ga cocok, malah mutah.JAdi hampir semua ga ngefek. Terakhir ke DSA di salah satu RS swasta di kota jogja, diberi serbuk Lacto-B. 1 bungkus tiap pagi setelah makan, tapi prakteknya dicampur pada sarapanya. Berhasil, bab-nya jadi lunak dan banyak(mungkin karena sudah menumpuk setelah sekian lama hanya yang keluar sedikit demi sedikit). Selama 10 hari konsumsi lacto-B lancar, tapi beberapa minggu setelah itu anak saya kembali susah bab. SAya kasih lacto-B (kali ini beli di apotik tanpa ke DSA karena di DSA lebih mahal konsultasinya di banding obatnya :-)), dan berhasil. Tapi lama2 anak saya tergantunng dengan lacto-B. DAn yang paling update saya kasih tepung sagu,thank God malah nemu di minimarket deket rumah.. sudah saya coba berikan dan mulai ada hasil. KArena anak saya tidak mangkonsumsi sufor, sagu hanya saya campur dengan a*ua, untungnya anak saya doyan. Dan mulai saat itu mulai ada hasil.Oia, Gege juga makan pisang karena alpukat favoritnya susah didapet, lg ga musim, ternyata tidak selamanya pisang bikin sembelit. Semoga anak saya lancar bab spt anak yg lain. thanks buat artikelnya, GBU!

Unknown said...

bisa di campur bubur tidak ya?

Lucia Mery said...

Mau dicampur dimana terserah, asal si anak mau memakannya. tapi perlu diingat, kalau tepung kanji terkena air panas, dia akan mengental.

Anonymous said...

Terimakasih atas informasinya,
akhirnya sembelit anak saya bisa diatasi, sebelumnya anak saya mempunyai masalah sembelit saat usia 6 bulan saat sudah dikenalkan dengan makanan padat sampai saat ini usia 3 tahun, menurut dsa nya kalo sudah hampir 1 minggu dan sudah berbagai cara dengan buah dengan jelly dengan pisang dengan puding dan susu fermentasi tapi tetap saja susah bab, setelah saya browsing dan menemukan artikel ini akhirnya masalah saya sudah terselesaikan, terima kasih ya bunda mery,

meri said...

mbak, tepung kanjinya bsa jg utk org dewasa?

Lucia Mery said...

@Ibu meri, bisa untuk orang dewasa, Mbak. Boleh dicoba. Cukup larutlan 3 sendok makan, di dalam segelas air putih. langsung diminum pagi2. Bagus untuk penderita penyakit maag juga, karena tepung kanji berfungsi melapisi lambung.

Anonymous said...

Tepung kanjinya disangrai dl tdk bu?

Anonymous said...

anakku dari 8 bulan mulai minum sufor bab mulai susah konsistensi juga keras, kering, udah dibawa ke bbrpa dsa dikasih obat yg sama dan tanpa hasil yg jelas akhirnya 6 bulan yg lalu aku brosing dan buka blog ini dah saya coba udah ada hasil bab jdi lancar tp kemaren aku coba hentikan kanjinya tp kok susah lgi ya...apa selamanya anak saya akan klo minum susu akan bergantung ma tepung kanji ya...

Lucia Mery said...

Ketika anak bertambah besar, sistem pencernaannya akan bertambah baik, dan perlahan2 tepung kanji bisa dikurangi / dihentikan. tetapi jika tidak pun, untuk tetap tergantung atau tidak, mau diteruskan atau tidak, itu semua kembali kepada pilihan ibu sendiri :)

Pilihlah yang terbaik menurut ibu, karena saya bukan dokter dan tidak bisa memberikan saran apapun mengenai akibat2 ketergantungan ini. Tapi untuk anak saya sendiri, saya sudah memilih, dengan segala resiko sudah siap saya hadapi :)

Anonymous said...

Iya anak sy jg susah BAB n sudah berganti2 susu sjk 1thdan hny cocok 6bln sj susunya stlh itu BAB nya akan keras kembali. Sy akan cb memberikan tepung sagu spt yg disarankan smg bermanfaat bg anak sy. Τнäиκ чöü

Edith_TiTtiT said...

Hai puan lucia. Sangat senan membaca petua puan. Anak saya berusia 10 bulan juga mengalami masalah yang sama. Soalan saya anak sayA masih minum ASI bagaimana saya boleh mencampurkan tepung kanji didalam ASI

Anonymous said...

akan aq coba mb soale anakq babnya jg 3-4 hari sekali,pdhal buah,sayur ma air putih jg sudah aq kasihkan tiap hari.btw klo boleh tahu sewaktu diusg hasilnya apa ya mbak???

piet said...
This comment has been removed by a blog administrator.
piet said...

alhamdullah akhirnya sembuh ya, semoga selalu sehat setelah baca artikelnya jd sedih bayanginnya soalnya anaku pernah tp alhamdulillah ndak setiap BAB,

Anonymous said...

Anak saya usia 1 tahun 5 bulan, juga sembelit sejak usia 3 bulan. Belakangan sejak usia setahun, sejak dia makan nasi, malah tidak BAB kalau tidak disemprot obat pencahar. Akhirnya saya berpikir dan berpikir dan bertukar pikiran dengan ibu lain. Ada ibu yang anaknya makan nasi+ASI tanpa sufor, kok juga sembelit. Akhirnya saya putuskan saya beri obat pencahar semprot tsb selama 4 hari berturut2 untuk mengeluarkan BAB yang ngendon di perutnya (sampai BAB yg keluar sudah agak lembek). Lalu saya uji coba, saya berhentikan makan nasi. Cuma makan lauk, karbohidrat saya penuhi dari kentang. Hanya siang saja, saya masih toleransi boleh makan nasi (krn lunch disediakan tempat penitipan anak). Juga saya beri makan aneka buah, dan minum susu sehari 5x230 ml. Akhirnya skg anak saya sudah tidak susah BAB lagi. Dia sudah BAB tiap hari, bahkan sehari bisa 2x. Kesimpulannya : keluarkan dulu BAB yg ngendon lama di dalam dgn obat pencahar, sampe bener2 udah gak ada lagi. Lalu coba berhentikan nasi. Krn mgkn saja krn giginya blm tumbuh semua,sehingga proses mengunyah tidak sempurna, maka pencernaan juga tidak maksimal, BAB jadi keras.

Lina said...

Dear Lucia, persoalan anakku Sam (19 bulan) sama persis kάýά anakmu. Äƙΰ Ĵuğå takut banget dengan hirschprung. Äƙΰ udάĥ coba berbagai macam buah, sayur, dsb. Moga2 äƙΰ coba tepung kanji ada hasilnya ya. Thanks.

Eko Purnomo said...

Thanks mbak mery, Artikelnya sangat menolong bagi kami orang tua yg begitu cemas lihat BAB anak yg Sulit sekali keluar. Akhirnya saya juga buat testi sendiri utk anak saya di blog saya dengan referensi blog mbak mery.

Unknown said...

Baru saja saya berdoa... apa yg harus saya lakukan "lagi" setelah beberapa cara saya lakukan untuk mengobati sembelit anak saya... karena saya sudah hampir putus asa rasanya... mungkin ini jawaban dr doa saya mbak... doakan berhasil ya mbak cara ini untuk anak saya Mira yg sering sembelit... mohon doa semua... amin..

Anonymous said...

hi semua.saya ingin kongsikan kepada kita semua.bagi pengalaman saya, saya hanya mencampurkan setitis madu ke dalam susu anak saya.selepas itu babnya semakin lembut dan dia boleh berak dengan tidak mengerang lagi.umur anak saya 1tahun 8bulan.kalau kami ingin mencuba jangan letak kuantiti yg banyak.cuba dengan kurang.anak saya pernah saya cuba dengan memberi 1 sudu balik2 bab sebanyak 5kali sehari.jadi maklum sini beri kuantitu sedikit dan sekiranya tiada efek baru di tambah sedikit demi sedikit lagi.harap info ini membantu kerana ibu saya pun memberi nasihat untuk anak 1tahun ke bawah boleh juga diberi.harap info ini membantu

azka said...

anak ku usia 2 th sudah 2 bulan sembelit.sudah berbagai cara mulai asupan sayur dan buah pun tidak membantu.tetep pake acara mengejan lama ampe berkeringat dan menangis..sudah ke dokter pula dan tentu saja pulang dgn obat pencahar yg tidak ngefek sama sekali..sampai putus asa dan kehabisan akal..daan akhirnya ketemu sama artikel ini...alhamdulillah saya seperti mendapat hadiah yg luar biasa..pertama kali saya coba ke anakq dengan memberikan 1 sendok teh 3 kali sehari dalam susunya..besok paginya anak ku sukses bab tanpa ada acara tangisan lagi..dia sempet siap2 mengejan karena menyangka pupnya keras.tapi ternyata lembek jd bisa lega kluarin semua..sampai saat ini jalan 1 bulan lebih masih kuterapi kanji.mungkin pelan2 akan saya kurangi klo sudah mulai normal lg..terimakasih banyak ya mbak :)

ruudarwana said...

Tks mbak infonya. Anakku 2 th 3 bln jg sdh 3 bln mengalami sembelit yang parah . Setiap BAB pastilah pake proses nangis bombay shg karena gak tega maka segala macam lactulosa , mikrolax san kawan2nya jd langganan. Dicoba pake tapioka jg gak jodoh. Alhamdulillah ternyata jodohnya pake tepung BEKATULl (kulit ari beras yang sdh diproses)...dicampur ke susu atau minuman lain... smg bermanfaat

Anonymous said...

Sama mbak , anak sy 2th 3 bln sdh 3 bln terakhir ini ngalami hal yg sama shg krn gak tega dia kesakitan tiap 4 hr sekali minum cairan lactulosa atau pake microlax. Nemu blog ini coba pake tepung kanji ternyata gak jodoh. Ternyata jodohnya pake tepung BEKATUL (kulit ari beras yg sdh diproses) sama dicampur ke susu atau minuman lain. Alhamdulillah sekarang BAB nya dah rutin tiap hari. Semoga bermanfaat

Prisma Data Abadi - Your Total IT Solution said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Prisma Data Abadi - Your Total IT Solution said...

terima kasih mb mery atas artikelnya, sangat membantu bagi anak yang mempunyai keluhan sembelit, sedikit cerita saya punya anak batita berusia 3 tahun 4 bulan, sejak bayi berusia 6 bulan anak saya sudah kesulitan bab, dan frekuensi babnya jarang sampai akhirnya anakku berusia 11 bulan harus operasi invaginasi karena ada ususnya yang tidak normal, setelah operasi invaginasi sembelitnya belum juga sembuh, bab anakku masih jarang dan keras,bahkan saya tidak bisa menandai anakku sedang mulas mau bab atau tidak, kondisi tersebut membuat saya bingung dan stres, sehingga setiap 3hari sekali babnya harus dikeluarkan menggunakan obat pencahar yang disemprotkan ke anus, dan babnya keluar, sampai usia menginjak 2tahun 11bulan lagi-lagi anakku operasi yang menurut dokter anakku terkena perlengketan usus, sudah dua kali anakku mengalami operasi besar, karena masalah usus dan sembelit. semua sudah dilakukan mulai memberinya sayur, aneka macam buah, susu encer, bubur, agar-agar, nutrijel, dsb. tapi kami belum menemukan solusi buat anak kami bahkan setelah operasi kedua anak kami pun masih mengalami sembelit dan babnya masih jarang. saran dokter tidak ada pantangan, makanan apapun boleh dimakan tidak ada sarah khusus untuk solusi anakku. sampai akhirnya kami terus berusaha dan mencoba apapun supaya sembelit anakku sembuh, dan akhirnya saya mencoba menghentikan konsumsi beras putih dan beralih ke beras merah, dan ternyata pencetus sembelit anakku adalah beras putih, sejak mengkonsumsi beras merah anakku tidak pernah lagi ngeden, ga pernah bab sampai berhari-hari. sejak mengkonsumsi beras merah babnya cenderung lembek, dan lunak. apabila ada anak yang mengalami konstipasi yang sudah parah coba hentikan konsumsi beras putih, beralih saja ke beras merah, semoga informasi saya bisa membantu orang tua yang anaknya mengalami sembelit yang tidak kunjung sembuh.

Anonymous said...

Makasih ya mbak buat infonya,,da 2 tahun anak saya sembelit kasian bgt
Mdah2an bisa bermanfaat aminnn

Anonymous said...

Alhamdulillah.. Aku wulan pontianak.. Tq banget mbak lucia mery atas infonya.. anak aku sembelit sudah 4 hari.. Tiap hari kalu mau bab minta peluk.. Dia nagis aku jd ikutan nagis.. Muka nya merah, keringatan.. Hari ke 5 aku kasi campuran kanji.. Besoknya anak aku bab gak ad cari2 aku dulu buat pelukan.. Semoga anak2 kita semua sehat.. Karena sehat , senyum dan keceriaan anak2 merupakan kebahagian yg tak terkira bg kita.. آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

Arif Nun said...

anak sy 23 bln baru aja minum sufor anak sy jg susah BABnya, insyAllah sy coba smg berhasil. trimaksh infonya bunda.

Mujahidin said...

kalau BAB anak umur 5t berdarah bisa menggunakan tepung itu ya mba, soalnya sdh kedokter dan kemana2 anak saya ga mau sembuh, bingung juga harus kemana lagi, obat sdh banyak diminum ga mau membaik juga, tolong kasih sarannya ya mba atau temen2 yg anaknya pernah alami ini... makasih bnyak...

Mujahidin said...

kalau BAB anak umur 5t berdarah bisa menggunakan tepung itu ya mba, soalnya sdh kedokter dan kemana2 anak saya ga mau sembuh, bingung juga harus kemana lagi, obat sdh banyak diminum ga mau membaik juga, tolong kasih sarannya ya mba atau temen2 yg anaknya pernah alami ini... makasih bnyak...

Anonymous said...

Setelah nyari2 sana sini akhirnya sy nemuin blog ini....anak sy umur 3.8tahun..jg sembelit..dlm sehari bs 5-6kali pup tp cm sebesar kelereng dan keras wrna hitam...dh dbawa k spesialis...rasanya hmpir smw cara dh sy lakukan..mdh2n info dr mbk meri bs membantu sy..trima kasih.

Unknown said...

Makasih artikelnya mbak.

Lucia Mery said...

Komen dari pembaca yang salah kamar, saya post di sini:

Dear Mbak Merry,
Makasihh buanyak ats infonya ttg tepung kanji/tepung sagu yg sgt membantu. Anakku namanya Ave Mario, minggu kemaren sakit radang n batuk bgt,efek sakit (G̲ǻЌ>:/ mau makan, susuuu trs- susu nya dancow excel 1+)N obat (Mmg dokternya blg efeknya bkin pupup agak encer) bkin BAB anakku agak encer, trs sy khawatir kok BAB nya trs menrus encer sy kasih the kental tiap hbs minum obat...eh kebablasen G̲ǻЌ>:/ BAB smpe 3 hr(kayaknya ksh tehh nya kekentalan) sy khawatir lg *dasar ibug2 gmpg khwatir kl ttg anak* udah sy ksh pisang+soup2an yg byk sayur ttp aj...syukur alhamdulilah puji Tuhan sabtu 12 april 2014 sy googling ttg problem anak ini(hr ke 3 anakku G̲ǻЌ>:/ bs pup)....hr minggu 13 april 2014 siang pk 11.00 sy mampir indomart maunya cari tepung kanji rosebrand ky yg dipakai mb merry ternyata habis, adanya tepung sagu kemasan seharga Rp 9.800, smpai rumah sy campur 1 sndok takaran susu : 3 sendok (1 sndok takaran =30 cc air) .sy ingat kata mb merry jgn byk2 takutnya mencret cz kondisi anak beda sembelitnya... 90 cc x 3 kali minum sy berikan campuran sagu bubuk....sore sy khawatir lg mana efeknya ???ternyata enak2 nnton konser SLANK di TV with misua ehhh...si Ave udah pupup, pupupnya bagus G̲ǻЌ>:/ lembek G̲ǻЌ>:/ keras....(っˆヮˆ)っhoReeeE..c(ˆoˆc)┌┐ berhasilll...dan setelah sy pelajari artikel ttg sagu bagus bgt juga buat org dewasa bisa menekan kolestrol,diabetes n diet*buat ibug2 yg hbs punya anak pake diet macam2 malah gagal n G̲ǻЌ>:/ kurus2 ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ (⌒˛⌒) . Umbi2an khas indonesia bagian timur ini bagus...Gtu suami sy kok G̲ǻЌ>:/ inget ttg makanan pokok suku nya ini ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ (⌒˛⌒) .skali lg makasihh mb Merry, anda adl slh satu org yg ditunjuk Tuhan utk memberikan info ttg kesehatan anak2 kita ,...Tuhan memberkati.Salam kenal-mommy Ave Mario Nggata

Unknown said...

saya coba kasih tepung kanji ke anak saya (2,5th) tp dia malah mencret sampai disentri, barangkali harus agak hati2 jg memilih tepung kanjinya ya, juga takarannya jangan sembarangan, ini sekedar info aja biar tidak terjadi hal serupa.

Lucia Mery said...

@Imelela setiawan, iya, di atas juga sudah saya sebutkan, berikan dengan hati2, karena dalam beberapa kasus, si anak akan menjadi mencret. Makanya saya tidak sarankan untuk anak di bawah umur 1 tahun.
Tapi kalau tetap keras, dosis boleh ditambah.

kalau mencret, mungkin bisa diartikan ada efeknya, hanya perlu kurangi saja dosisnya.

Ratna Sari said...

Thanks Bunda Mery artikelnya. Alhamdulilah berkat tepung kanji, anakku 3.5 th kalo BAB udh ngga nangis lagi (udh ngga keras).

Anonymous said...

Thanks Mba Mery artikelnya. Anakku udh ngga nangis lagi kalau BAB. (yang keras awalnya saja, setelah itu lembek)

Anonymous said...

thanks mba mery anak q 2,5 tahun biasanya bab nya biasanya lancar entah mengapa anak saya bab nya keras tiap mau bab nangis setelah empat hari saya putuskan kasih obat dari anus m******k berhasil bab tapi setelah itu anak saya trauma bab. gak mau ngeden bahkan buang angin pun di takut , perutnya ampe kembung demam kesian bgt akhirnya saya bawa kedokter tapi tetap gak membuahka. hasil anak saya tetap nangis ,akhir nya saya googling dapat artikelnya mbak saya coba selama 3hari anak q berhasil bab tapi tetap setiap mau bab nangis, saya niatkan tetap saya berikan tepung tapioka sampai trauma bab nya hilang, alhamdulillah setelah kurang lebih 3bulan saya berikan sagu trauma nya hilang saya kurangkan sedikit2 sagu nya sampai sekarang sudah tidak lagi saya berikan sagu BAB nya tetap lancar setiap 1 sampai 2 hari sekali dan yang paling utama udah mau ngedan dan gak di tahan lagi Alhamdulillah Ya Allah

Anonymous said...

thanks mba mery anak q 2,5 tahun biasanya bab nya biasanya lancar entah mengapa anak saya bab nya keras tiap mau bab nangis setelah empat hari saya putuskan kasih obat dari anus m******k berhasil bab tapi setelah itu anak saya trauma bab. gak mau ngeden bahkan buang angin pun di takut , perutnya ampe kembung demam kesian bgt akhirnya saya bawa kedokter tapi tetap gak membuahka. hasil anak saya tetap nangis ,akhir nya saya googling dapat artikelnya mbak saya coba selama 3hari anak q berhasil bab tapi tetap setiap mau bab nangis, saya niatkan tetap saya berikan tepung tapioka sampai trauma bab nya hilang, alhamdulillah setelah kurang lebih 3bulan saya berikan sagu trauma nya hilang saya kurangkan sedikit2 sagu nya sampai sekarang sudah tidak lagi saya berikan sagu BAB nya tetap lancar setiap 1 sampai 2 hari sekali dan yang paling utama udah mau ngedan dan gak di tahan lagi Alhamdulillah Ya Allah

Amytha said...

Mbak kalau anak yang minum susu uht,bisa ga ya di campur di jus buahnya. Anak ku soalnya ga doyen minum2 an kecuali air putih. Tks Mbak .

Amytha said...

Mbak, anak ku minum susu nya uht. Bisa kah tepung kanji/sagu di campur ke jus buah nya?anakku ga doyan minum2 an lainnya kecuali air putih. Tks mbak

Unknown said...

Mba....apakah tepung kanji nya dilarutkan terakhir setelah susu sudah dilarutkan air hangat dan dingin?trims mba....mohon jawabannya

Anonymous said...

Mba.....maaf apakah kanji nya dilarutkan terakhir setelah susu selesai.dilarutkan air hangat dan.air dingin?

Anonymous said...

Maaf mba mau tnya...apakah teung kanji nya dilarutka terkhir setelah susu sudah siap dimum anak?

Lucia Mery said...

Tepung kanjinya bisa dicampur dengan apa saja, asal sang anak mau meminumnya. Asal jangan dicampur dengan air panas karena bisa mengental.

opie cantik said...

Trims mau berbagi critax mba. Sya coba pasti. Stress liat anak begtu, aplagi anak sy punya kelainan jntung bawaan. Ank sy smpat pupx gak keras wktu minum susu untuk alergi(PHp) tp kurang minumx krn rasa gak enak. Ini udh 11 bulan, kdg bs pup sndri.. tp kdg kumat 4 hari sekali n harus dipkein mikrolax.

saif said...

trims atas artikelnya mba, akan sy coba buat anak sy, masalah sembelit memang bikin repot :)

Unknown said...

Saya bersukur sekali telah digerakkan oleh Allah Swt bisa menemukan blognya Mba Mery. Sudah lebih dari setahun (sejak umur 2.5 tahun sekarang 3.5 tahun) anak saya mengalami konstipasi akut. Segala macam telah dilakukan. Konsultasi ke dokter anak bahkan ke dokter spesialis pencernaan anak. Obat-obatan seperti dulcolactol atau lactulax sudah sering banget diberikan. Tapi efeknya hanya sementara, sampai lama kelamaan sudah tidak berpengaruh lagi..Pada awal2 kena konstipasi, saking kuat mengedan dan lama, pembuluh darah anak saya sampai pecah sehingga muncul bercak-bercak nerah di muka. Dokter anak sempat mendiagnosa anak saya terkena penyakit langka sampai harus tes darah. Padahal ketika dibawa kedokter pencernaan anak, bercak-bercak merah muncul karena anak saya terlalu kuat mengedan..

Setahun lebih berlalu, setiap anak saya mau bab selalu menjadi pergumulan batin buat saya. Kadang ada rasa mau bab tapi dia takut, sehingga saya selalu emosi untuk membujuknya. Sudah berbagai macam cara dilakukan. Anak saya terlanjur takut bab dan trauma dengan rasa sakitnya..

Sampai saya membaca blog mba Merry, saya ikhtiar mencoba dengan mmeberikan satu sendok teh tepung kanji merk rose brand ke susu anak saya. sekitar 5-6 botol sehari.Pada awal dikasih rentang bab masih lama. Kalau tidak salah setelah 4 hari baru
bab tapi yang membuat lega adalah ada timbul rasa mules pada anak saya, sehingga dia tidak kuasa untuk menahan. Alhamdulilllah, babnya keluar tanpa perjuangan mengedan seperti sebelumnya yang bisa sampai sejam untuk ngedan. Sampai anak saya kaget sendiri dan sangat gembira karena babnya keluar dengan mudah.

Setelah itu, anak saya memang belum bisa bab setiap hari,bisa sekali dua hari atau sekali tiga hari tapi tidak ada lagi drama menjelang bab. Anak saya bisa bab dengan lancar dan tanpa ada acara mengedan kuat. Sedikit demi sedikit traumatis babnya mulai berkurang.

Bahkan kemaren anak saya bisa bab dua kali sehari. Sehingga saya memutuskan untuk mulai mengurangi tepung kanjinya. Yang tadinya satu sendok teh muncung, dikurangi jadi satu sendok teh biasa. Saya akan tetap memberikan terpung kanji ini sampai anak saya bener2 hilang trauma untuk bab.

Terimakasih mba Merry sudah sharing ini. Salah satu beban pikiran saya selama setahun belakangan ini sudah ada solusinya.

Semoga orang tua yang lain juga bisa mencoba metode ini untuk anak-anaknya yang kena konstipasi.

Salam
Mama Razqa

Unknown said...

Tepung nya disangrai dulu atau tidak. Trims

Anonymous said...

Thx mbak. Tepung kanjinya boleh di campur ke susu uht gak?

Unknown said...

Terimakasih....atas info semua nya,,,,akan saya coba mudah2an bab anak saya lancar....aminnnn

Unknown said...

Ok....makasih

Lucia Mery said...

@Minda Mora, terima kasih sudah sharing, dan saya sangat gembira karena anaknya sudah sembuh :)
Terima kasih kembali

Lucia Mery said...

@All, tepung kanjinya boleh dicampur dengan apa saja, asal anaknya mau meminumnya, dan asal air campurannya (apapun itu) tidak dalam keadaan panas, karena suhu pana akan menggumpalkan tepung kanji.
Lalu tepung kanjinya tidak di sangrai. Lngsung saya berikan. Tapi jika ada alasan tertentu dan mau disangrai, ya silakan. Saya kira tidak akan ada pengaruhnya.

Anonymous said...

Aduh sesudah menemukan artikel ini berterima kasih sekali untuk infonya, nanti saya coba.anak saya umur dua tahun setengah selalu susah bab.babya keras dan sampai berdarah..tidak apa apa diberikan ini? Terima kasih.kemana saya bisa menghubungi selain di blog ini...makasih banyak yah infonya, benar benar ngebantu bangeut

Anonymous said...

Terima kasih tak terhingga pada penulis..sudah lebih kurang 2 tahun anak saya mengalami masalah sembelit. Sebagai ibu saya sangat khuatir dan hampir menangis mengenangkannya. Saya akan cuba petua ini dan harapnya Allah akan permudahkan saya seperti mana Allah telah mudahkan saya menjumpai blog ini. Hanya Tuhan yg membayar jasa baik penulis ini. Salam dari malaysia. -mak humaira

Unknown said...

Iya bund ne anakku dh hmpir sebulan susah BAB n keras bgt pdhl dh tak bw ke RS konsult ma dokter anak tp tetep aj keras. Awal tak ksh mikrolax trs mpe bbrp hr shari krasa 2x ya tak mskin mikrolax 2x e lm2 dedek trauma, mpe akhirnya ma dokter diksh dulkolak dr anus karena diksh pencahar yg minum bbrp produk tetep aj ga ada perubahan. Dh bbrp hr tak ksh Vitamin yg lmyn mahal tp blm ad perubahan. Tak ksh tepung kanji disusu dedek ngrasa n ga mau minum. Bingung bunda hrs digimanain lg pdhl anakku br usia 3 thn tgl 20 mei 2015 ini.

Lelly Abidzar said...

Artikel ini berguna bgt, trimakasih atas sarannya..
Anak saya usia 10 bln, 4 hri blm bab pdhl bysanya lancar tiap hari!
Padahal maemnya selalu sayur, buah dan air putih pun ga kurang! Akhirnya sya baca artikel ini dn lngsung saya coba! Dg takaran 1 sendok takar susu tpung kanji, dn 2 sendok takar susu untuk takaran 120 ml! Alhamdulillah 5 mnit kmudian anak saya bab dan feses nya lunak sprti biasa, trimakasih ats sarannya skalilg!

Anonymous said...

Terima kasih banyak mbak Lucia Merry :) tidak hanya untuk balita, orang dewasa juga bisa.
Saya sudah bertahun-tahun sembelit. Kata dokter sudah kronis. Kalau tidak minum pencahar bisa 2 minggu baru BAB. Padahal, obat pencahar harus dihindari, karena bisa membuat usus semakin malas. Saya tidak boleh makan gorengan, minyak2, santan, kurangi roti, kue, biskuit, bahkan nasi. Setiap hari hanya makan sayur dan buah, dan minum jus setiap pagi. Sudah begitu pun masih tidak lancar.
Saya sudah coba tepung kanji 3 hari ini dan selalu berhasil. Setiap pagi saya mencampur air mineral dengan 2 sendok tepung kanji. Bahkan kemarin saya makan roti dan biskuit (kepengen banget :D), tapi masih tetap berhasil. Tentunya tidak boleh kalap, sayur dan buah harus tetap ada :)
Saya rasa baik dilanjutkan, karena tepung kanji pada dasarnya alami :)

Unknown said...

Terimakasih infonya mbak, alhamdulillah nemu blog mbak.. Bayi saya sejak mulai MPASI mengalami sembelit, kasian liatnya kalau pup nangis histeris seperti kesakitan.. Saya akan coba terapkan tips nya

Nadia Karim said...

kalau untuk bayi 7bulan dan masih asi exclusive apakah 1sdt juga mbak? dicampur ke asi perah ya.. anak saya sejak MPASI 6bln selalu sembelit.. saya mau coba juga, mudah2an berhasil..

Lucia Mery said...
This comment has been removed by the author.
Lucia Mery said...

@Nadia Karim, saya tidak berani menyarankan untuk anak yang berumur di bawah 1 tahun. Takutnya malah mencret. Thanks.

Unknown said...

Resep yg mujarab, mbak. Anak sy 3,5 thn sempat nahn2 BAB pasca disunat.
Skrg sdh mulai berani buang air tiap hari stlh sempat pake mikrolax 3 bh dlm 2,5 minggu.
Tp tetap kita harus rutin ks sayur, dan buah2an utk melatih pencernaannya.

Nina said...

Alhamdulillah...... ketemu blog ini, akan saya coba mbak,, anak saya 20 bln susah bab sudah sekitar 3 bulanan ini. Semoga bisa jadi solusi. Makasih makasih mbak....

Anonymous said...

Mom..bisa minta infonya g...yg makan kangkung n labu siam itu aku atw baby nya...makasih

Unknown said...

Ada yg pernah coba ke bayi umur 6 bulan gak ya?

Unknown said...

Ada yg pernah ngasih ke bayi umur 6 bulan gak? Trima kasih

setya said...

TQ. Sy Coba ya...

Unknown said...

Mbak terima kasih sudah share pengalaman mbak. Walaupun anak saya di bawah 1 tahun akan saya coba mbak dengan takaran sedikit..semoga berhasil..flynn susah bab sejak usia 4 bulan..dan sekarang usia 7 bulan..obat pencahar dr DSA tidak memberikan solusi mbak..setelah obat habis..flynn akan kembali susah BAB..jika ada perkembangan akan saya share ya mbak..terima kasih mbak mery

Unknown said...

Terima kasih atas saranya mbak mery..

martinaf said...

Anak saya 7 bulan awalnya pk susu morinaga tahap1 cocok banget bab nya lancar.tahap ke 2 krn nutrisinya 2x lipat.akhrnya bab keras dan anak saya trauma mau bab.jd saya sering pancing pk obat makan ke anus.dan kt dokt tdk blh.akan membuat usuanya mls bekerja.dan g cb biarin ,cmn sedikit memaksa d ngedan sndr sambil ajarin ngedan.akhrnya krn sdh 3hr eeknya keras.dan paksa keluar sdh bbrp x.skr ank saya kalo di srh ngedan aj sdh nangis2,alias trauma.kdg saya trsa ad eek yg mau keluar.tp ditahan.

Lucia Mery said...
This comment has been removed by the author.
Lucia Mery said...


From: paul.herman.87.PH
To: lucia_mery@yahoo.com
Sent: Sunday, August 30, 2015 7:14 PM
Subject: SEMBELIT PADA ANAK SAYA UMUR 1.5 TAHUN


Dear Ibu Lucy,

Perkenalkan saya Paul papa dari anak saya Brielle (cewek)berumur 1.5tahun.Saya dari Yogyakarta.
Saya ingin berbagi cerita dengan anda bahwa anak saya pun juga mengalami sembelit.Hanya saja anak saya baru 3 minggu ini mengalami sembelit.Anak say BAB pasti antara 3-4 hari sekali.Dan feces nya keras sekali hingga akhirnya sempat sampai lecet d lubang dubur anak saya (mengeluarkan darah).
Pertanyaan saya :
1.Apakah pemberian tepung kanji boleh untuk anak saya yang berumur 1.5 tahun?
2.Apakah saya bisa minta salah satu hal yang dapat meyakinkan saya pemberian tepung kanji benar-benar aman atau tidak?
Saya berharap dengan sangat ibu bisa membalas email saya sesegera mungkin agar saya pun juga dapat melakukan hal ini dengan segera.
Berikut surel saya yang saya kirimkan kepada anda.Apabila ada kesalahan saya mohon maaf sebelumnya.
Terimakasih

Best Regards,
Paul



Kalau mau dicoba, boleh. Tapi saya tidak berkepentingan untuk meyakinkan anda. Silakan ambil keputusan yang terbaik bagi anak anda menurut anda :)
Semua itu 100% adalah keputusan yang harus anda buat. Maaf, saya tidak bisa menyakinkan anda bahwa tepung kanji cukup aman bagi anak anda, Karena saya tidak bisa menanggung resiko yang mungkin akan timbul karena kasus yang tidak saya ketahui tentang anak anda (siapa tahu ada alergi tertentu yang saya tidak ketahui).

Unknown said...

hai mba merry
salam kenal, saya winda. ini saya pakai akun suami saya baru saja menemukan blog mba ini pas lagi browsing tentang cara menyembuhkan sembelit pada bayi. bayiku umurnya baru 5 bulan, tp BAB nya jarang sekali. awalnya ketika umur 3 bulan sudah dikasih mpasi (pisang), karena saran dari mertua :(, akhirnya bayiku sampai sekarang sulit BAB. saya juga sudah k dokter dan diberikan berbagai macam obat2an tp tetep saja BAB bayiku tidak lancar. jika sya mmberikan tepung kanji ini kpada bayi 5 bulan apakah boleh? jika boleh takarannya berapa y mba? saya sudah ketakutan mba, takut anakku dioperasi :(

Anonymous said...

Hai mbak. Mery saya mau curhat. Sekitar pertengahan juni kemarin saya campur kanji dan susu untuk anak saya yang berusia 2.5 tahun alhamdullillah bab nya lancar. Tpi setelah 3 bulan bab nya kembali keras dan jadi tidak lancar. Tolong dong mbsk gmna solusinya.

Lucia Mery said...

Vina Santika Sep 15 at 2:58 PM
To
lucia_mery@yahoo.com
Hi Ci Mery,

Sebelumnya aku mau makasih banget buat artikel blognya.

Aku sdh 13 tahun sembelit, gejalanya timbul tenggelam, kadang kl lagi susah ya susah banget, kadang ya lancar2 aja. Tapi lbh sering susahnya drpd lancarnya.

Sayur, buah dan air putih banyak jangan ditanya lg, udh menu wajib. Sampe bela2in beli sayur dan buah organik. Tapi tetap aja ngga lancar.

Sebenarnya sih sembelitku rada unik, kl org lain kan keluhannya sampai bbrp hari sekali BABnya, kl aku beda, tiap hari bisa BAB, tapi susah banget bisa tuntas, berasa ada sisa tapi ngga mau keluar. Kl udh gitu, bisa seharian perutku bloated (kembung n ga bisa buang angin), tentu saja sangat menggangu konsentrasi dan aktivitas harian.

Terus aku putusin makan tepung garut (arrowroot) yg dibuat jd bubur. Mendingan, perut berasa lbh enteng, tapi BAB blm lancar banget. Waktu hari pertama makan tepung garut, aku nemu artikel Ci Mery tentang tepung kanji. Aku putusin terusin dl tepung garutnya sampai 3 hari, dan evaluasi dulu hasilnya. Dan memang belum lancar2 banget BABnya. Hari ke 4 aku mulai start kanji, daaaan, lgs lancar !

Aku ngga tau jg apakah lancar di hari ke 4 itu memang karena tepung kanji atau karena sdh 3 hari sebelumnya makan tepung garut. Sementara aku terusin dulu aja tepung kanjinya.

Dulu2 banget aku memang pernah denger ada yg kasih saran kanji buat sembelit, tapi aku ngga percaya. Krn waktu itu aku kebanyakan baca artikel bule2 yg bilang kl starches bikin konstipasi, so aku kurangin deh tuh makanan2 bertepung kanji.Tapi ternyata terbukti kanji bisa atasi sembelitku.

Aku sampe penasaran, kandungan apa dalam si kanji ini yg bantu lancarin BAB, sampe sekarang belum nemu. Coz setiap kita browsing cari solusi sembelit, yg muncul ya paling2 suplemen serat, pencahar, pokoknya yg gitu2 deh, which I've been sick of them all, udh cape pake2 begituan ngga ada hasil.

Sekali lagi, thanks Ci Mery buat artikelnya. GBU always.

Regards,
Vina Santika

Lucia Mery said...

Nina dominika Sep 16 at 9:39 AM
To
lucia_mery@yahoo.com

Hi, Mery, salam kenal.
Perkenalkan aku Nina, baarusann aku ketemu blog Mery postingan 2010 mengenai susah Bab dede.

Aku sudah hopeless cari cara buat susah bab Anakku.

Thanks 4 ur sharing.
I"ll try
Semoga cocok buat Bryan Anakku.
Sudah suffer susah bab Hampir 10 bulan.

God bless you Mery.

Cheers,Nina
Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Indosat network.

Unknown said...

Salam Kenal Bu Merry
Terimakasih sekali atas artikel blognya, semoga Allah memberi berkah melimpah kepada Bu Merry sekeluarga.

Putra saya umur 14 bulan, dari bayi sejak umur 3-4 bulan sudah susah sekali BAB, sering sekali BAB 5 hari-1 minggu sekali, dan feses yang keluar selalu keras, hitam, dan sangat berbau. Kami sudah konsultasi/berobat ke beberapa Dokter SA, dan tidak menyelesaikan masalah, yang ada hanya pemberian obat pencahar, pelunak feses, dsb. BAB putra saya pun tidak ada perkembangan, tetap kesulitan, sepertinya obatnya tidak berpengaruh sama sekali. Bila BAB, putra saya pasti menangis kesakitan, dan beberapa kali keluar darah, hingga kami orangtua nya dengan terpaksa memberikan microl*x hampir setiap dia mau BAB. Dari segi makanan putra saya sangat doyan sekali sayur, buah setiap hari, puding buah setiap hari, susupun menggunakan yang menekan alergi. Dari segi berat dan tumbuh kembang anak, putra saya pun diatas rata-rata sehingga Dokter SA yang kami temui selalu kebingungan sendiri akan penyebab susah BAB putra kami.

Setelah sekitar 2 minggu yang lalu saya baca artikel ini, saya mantapkan hati untuk mencoba ke putra kami, dengan tepung 1 sendok takaran susu setiap dia minum susu 150 ml, 3X sehari. Alhamdulillah setelah 3X minum dicampur susu, besoknya putra saya BAB tanpa kesakitan, fesesnya dapat keluar dengan mudah. Hingga saat ini, perkembangan sangat baik, setiap hari putra saya BAB, paling lama 2 hari sekali. Setiap BAB tidak ada lagi acara kesakitan,menangis,keluar darah,ketakutan, dsb. Feses kadang lunak dan kadang keras, tapi bisa keluar dengan mudah. It's work..
Semoga ke depan BABnya akan terus normal dan saya akan mengurangi penggunaan tepung secara bertahap sambil melihat perkembangannya.

Terimakasih Bu Merry buat artikelnya sangat bermanfaat...

Lucia Mery said...

http://www.diahdidi.com/2013/12/tepung-sagu-versus-tepung-tapioka.html

Unknown said...

Malam mba merry
terimakasih. anak saya cocok dan ga sembelit lg.

mama farrel said...

Alhamdulillah, saya sgt bersyukur nemu artikel http://luciamery.blogspot.co.id/2010/06/sembelit-anakku-sembuh-dengan-tepung.html?m=1 ini. Anak saya umur 1,4 bulan. Sampai sekarang masih saya beri asi esklusif. Tp semenjak dia mpasi, dan dari awal mpasi saya beri pisang, sampai sekarang BAB nya keras. Kadangpun samapi keluar darah segar. Sdh berbagai cara jg sdh saya lakukan. Dari minum vit probiotik yg harganya lumayan mahal utk kantong IRT, sampai dikasih mik****x. Lalu terakhir saya coba kasih susu formula php. Hari pertama dia mau minum susu formula, lalu hari ketiga saya campur tepung sagu, tp dia jd ngga mau minum susunya lg. Jadi cuma dua sendok susu campur tepung sagu yg masuk ke mulutnya (krn dia ngga bisa pake mpeng jd saya kasih pake sendok). Akhirnya saya pasrah, sdh ada di pikiran saya bayangan kesakitan dan penderitaan anak saya akan berlanjut. Lalu besoknya saya mencoba minum air 1 gelas dicampur tepung sagu 2 sendok. Setelah saya minum itu, malamnya saya minum jus sirsak. Dan alhamdulillah besoknya anak saya BAB nya lancar. Awalnya dia waswas dan takut mengeluarkan BABnya. Tp krn di dorong perutnya yg mulas akhirnya keluarlah BABnya. Saya sangat bersyukur sekali. Saya bkn dokter, saya belajar dr pengalaman, jika ibu masih kasih asi eksklusif coba ibu yg minum campuran tepung sagunya. Insyaallah khasiatnya jg masuk ke asi.

Unknown said...

Dear Bunda Lucia Mery,

Terima kasih sekali atas berbagi pengalaman nya di blog ini, saya bisa tertuju di artikel ini mungkin adalah jawaban dari Allah atas apa yang cari akhir-akhir ini. Anak saya, Zabdan 1tahun akhir nya bisa pup tanpa nangis histeris setelah 3 hari berturut-turut saya kasih tepung tapioka ini dicampur dengan jus buah nya minimal 2 kali sehari. Ini sangat menjadi kabar bahagia bagi kami ayah&ibu nya yg sudah mondar mandir tanya kesana kemari untuk solusi agar sembelit anak kami yg sudah berlangsung sebulan belakangan ini.Mudah-mudahan sembelit nya tidak berulang lagi. Sekali lagi terima kasih bunda Mery, semoga kita tetap menyebarkan kebaikan di dunia.

Salam,
Ayah Zabdan

Anonymous said...

Terimakasih bunda lucia merry atas saran dan infony...saya sangat senang sekali dgn berita ini...dengan tepung kanji alhamdulillah anak saya sekarang babny lancar terus..
Sekarang tiap hari anak saya bsa tersenyum lebar baik saat biasa ataupun bab...dan obat ini alami tnpa efek samping karena hnya mnggunakan sdikit tepung aj yg dcmpur susu..buangbair bsar anaknsaya lngsung keluar tanpan ngeden..
Terima kasih Tuhan...dan terimakasih bnyak Ibu Lucia merry..
Semoga ortu yg lain bsa mncbanya bgi yg mngalami konstipassi..
Saya doakan kebaikan bagi ibu...terimkasih bnyak mtur nuwun

Anonymous said...

Terimakasih bunda lucia merry atas saran dan infony...saya sangat senang sekali dgn berita ini...dengan tepung kanji alhamdulillah anak saya sekarang babny lancar terus..
Sekarang tiap hari anak saya bsa tersenyum lebar baik saat biasa ataupun bab...dan obat ini alami tnpa efek samping karena hnya mnggunakan sdikit tepung aj yg dcmpur susu..buangbair bsar anaknsaya lngsung keluar tanpan ngeden..
Terima kasih Tuhan...dan terimakasih bnyak Ibu Lucia merry..
Semoga ortu yg lain bsa mncbanya bgi yg mngalami konstipassi..
Saya doakan kebaikan bagi ibu...terimkasih bnyak mtur nuwun

Unknown said...

Ci Mery

Terima kasih buat sharing ttng tepung sagu.
Saya sudah coba dgn memberi setgh sendok tpg sagu kpd anak kami.Dan ada perubahan dari fesesnya.
pokoknya terima kasih sekali.....
Tuhan Berkati

Anonymous said...

Ijin share ya mba..makasih

Lucia Mery said...

Beberapa orang mencoba dengan Yakult dan berhasil juga. Boleh dicoba kalau terapi dengantepung kanji ini gagal.

Just Arin said...

Akhirnya setelah 3 bulan ini tersiksa lihat anak pup keras bngt apalg mulai mpasi tambah ngenes lihat dia ngejen. Kasi pepaya, pir, melon, air yg banyak, mpasi di encerin tetep aja. Dr awal 3 bulan pakai sufor n mulai dr itu pup nya keras ��.tiap dia mau pup pasti q kadi dul..x tp kasihan pupnya tetep ada darahnya. Akhrnya lihat postingn ini amat sangat membantu... baru q coba 2 hari pup nya keluar dengan sukses. Teksturnya padat tp lembut kayak lihat pasta gigi yg keluar... seneng bngt ���������� semoga cocok sampai kedepannya ��������. Maksih info nya mbk mery��

Mrs.Priswantara said...

Ternyta banyak bunda2 lain yg mengalami hal yg sama. Saya sllu stres klo ank saya sdh mulai terasa BAB. Krna sllu dtahan,dan kalaupun mw mngeluarkan sprti ibu2 mau melahirkan. Dgn adanya blog in,saya mrasa trinspirasi.gkn mmg hrs dcoba dan siapa tau trbantu. Trmksh Bunda utk tips ny.

Mrs.Priswantara said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ILHAM said...

Mbk.gmn anaknya sdh lncr bab nya?gmn solusinya?pliss

Hidup Bermakna said...

Terimakasih mbak....anak saya dr bayi juga sembelit...sekarang sdh 2,5 tahun mulai diberi pencahar....namun sy mau mencoba tepung kanji tsb...

Jasabang Adv said...

Maksih bu...
Saya sudah mencoba dengan menggunkan tepung kanji dan dalam 1 minggu terakhir ini sudah bisa pup dengan normal. Usia anak saya 1.5 tahun

Anonymous said...

Anak saya sdh hampir 3 bln ini mengalami sembelit, ga tega stiap x mw pup hrz brjuang keras ngeden dan ujung2nya kalo sdh 3hr ga keluar sy trpaksa memberikan microl*x. Sdh beberapa x konsultasi k dokter,tp tdk ada yg memuaskan cm dksh obt pencahar. Saya sempat putus harapan,tp sy msh mencari info dan ketemulah blog mba mery ini. Saya akan coba,krn sy yakin stiap pnyakit ada obatnya dan mdh2an ini jwbn y. Saya akan share nti hslnya..

Unknown said...

Maaf mau tanya.
Apa solusinya bagi anak saya yang tidak diperbolehkan mengonsumsi susu formula.?

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Halo bu. Maaf saya Ajeng. Sy ke toko nemunya tepung sagu. Bukan tapioka. Bener kan bu?

Lucia Mery said...

Zakiah Maghraby Nov 1 at 8:11 PM
To
lucia mery
Message body
Mom Luci,

Alhamdulillah anak saya sdh gak sembelit lagi. Setelah pakai kanji kira2 3 minggu..
Terimakasih banyak.. semoga sharingnya bernilai ibadah. Aamiinnn


Regards

Zakiah

Sent from my iPhone

azka said...

TRIms infonya, akan saya coba semoga cocok juga buat cucu saya

azka said...

TRIms infonya, akan saya coba semoga cocok juga buat cucu saya

azka said...

TRIms infonya, akan saya coba semoga cocok juga buat cucu saya

vetty said...

Sebelumnya terimakasih bangett atas infonya.saya vety usia anak sya skrg 4 th.anak saya jg mengalami hal yang sama.selama 1 bulan belakangan ini.saya jg konsultasi ke dokter anak tanpa diberi penjelasan apapun kemudian dirujuk ke dokter bedah anak,disana anak saya didiagnosa kena hisprung,dan disarankan harus operasi.tapi dlam hti saya yg pling dalam sepertinya menolak dan berkata tdak mgkin krn sebelumnya anak saya kadang tiap hr bab dg kerja keras smpe berkeringat,dan nengejan kadang jg smpe nangis saking kerasnya bab nya.bab nya berwarna hijau tua kadang besar kadang kecil kyak kotoran kambing.kemudiàn sya pergi ke dokter anak yg lain dan dignosa sembelit/konstipasi smpe terlihat hemoroid kecil dianusnya.dan diberikan laxoberon,vitamin dan salep buat mengempeskan hemoroidnya.syukur skrg sudah kempes.tp bab nya ttp ga lancar dan kdang masih keras jg ga setiap hr.saya bingung tanya sana sini apakah ada anak anak lain yg kasusnya sama seperti anak saya.krna saya yakin anak saya tdk terkena hisprung dan pasti ada obatnya jalan lain agar bs bab lancar.apakah anak mbak jg smpe seperti itu?apakah ada efek smping dr minum tepung kanji ini?saya akan mencoba tepung kanji yg disarankan mbak..smga ada hasilnya dan saya akan sharing kembali.terimakasih

vetty said...

Sebelumnya saya terimakasi atas infonya.saya vety anak saya skrg usianya 4 th.slm belakangan ini kurang lebih 1,5 bulanan susah bnget bab nya...kemudian saya pergi ke dokter anak tnpa diberikan penjelasan yg lengkap sya dirujuk ke dokter bedah anak.disana anak saya didiagnosa hisprung dan disuruh rontgen dan akhirnya disuruh operasi.tp saya ga percaya kalo anak saya kena hisprung karena setiap kali diberikan pencahar anak saya bsa bab.dan sebelumnya jg kadang bab setiap hr meskipun dg kerja keras sampe berkeringat,mengejan kadang smpe menangis.saya ga tega liat seperti itu.kemudian saya memutuskan pergi ke dokter anak yg lain dan diagnosa sembelit/konstipasi dan jg ada hemoroid kecil di anusnya sehingga dia trauma saat bab.kemudian diberikan laxoberon,vitamin dan salep.kalo laoxoberon nya kyak ga ngefek bgt.klo salepnya hemoroid anak saya udah mulai kempes.saya bngung cari tau sana sini bgmn anak saya supaya bsa bab setiap hr dg tekstur yg lembut.apakah anak mbka mery jg smpe ada hemoroidnya bgtu?dan apakah ada efek smping dr meminum tepung kanji?saya akan mulai mencoba untuk anak saya semoga anak saya bsa bab lancar dan tdak keras lg bab nya..saya akan sharing kembali.mohon doanya.terimakasih bgt sebelumnya.

Anonymous said...

Cara penyajian sagu nya bagaimana mbak?

Unknown said...

Baru coba 1x pake kanji, biasanya anaku yg usia 10bln sudah sembelit sejak usia6bulan saat mpasi, biasanya bab kalau sudah 4 atau 5 hari tp baru coba 1x pke kanji sore saat mnum susu dan paginya anaku lgsg bab,walau masih nangis tp dilihat kotorannya ga keras ge mencret,empuk normal. Smoga bab anaku smakin membaik dan normal...
Makasih pngalamannya ci mery.
Makasih blognya yg bermanfaat ini

Unknown said...

Trimakasih infon

Unknown said...

Trimakasih infonya....akan saya coba dengan anak saya.karna anak saya setiap BAB selalu susah..sampai menangis..dan berkeringat.

Anonymous said...

Anak saya juga punya maslah yng sama, cuman untuk bayi umur 6 bulan cara memberikan tepung kanjix dan takaranx seberapa banyak mba, Makasih sebelumx

Unknown said...

Alhamdulillah anak ku udah bab berkat tepung kanji, anakku umur 6 bulan,, nggak bab 5 hari,, mau bab ngeden sambil nangis2 nympe 2 hari keluar sedikit,, pup nya keras,,, kasihan banget... krmaren sore baca postingan ini,,aku coba aja..tepung kanjinya dicampur di Mpasi...alhamdulillah hari ini bab nya lancar..nggak nangis2, nggak keras lagi

Unknown said...

Makasih infonya mba merry... td malam memantapkan diri memberi kanji ke si kecil 2,5 tahun yg usah setahun pakai pencahar terus... Puji Tuhan... berhasil BAB tanpa kesulitan spt biasa. Mudah"an terus cocok ya...

Anonymous said...

Makasih infonya mba merry... td malam memantapkan diri memberi kanji ke si kecil 2,5 tahun yg usah setahun pakai pencahar terus... Puji Tuhan... berhasil BAB tanpa kesulitan spt biasa. Mudah"an terus cocok ya...

Anonymous said...

Mba mohon jawabannya, anak saya sembelit dr semenjak disapih nyampe saat ini berusia 4,6 tahun kemaren nyoba pake tepung kanji awalnya berhasil poop nya agak lembek dan pemakaian Pati kanji ttp saya teruskan tp kemudian 4 hari gk poop lg Dan bgitunya poop keras lg maaf kyk (kotoran kambing) lg saya jd bingung kok bisa gk ngaruh ya padahal pada sebagian anak bisa bikin diare...

Hamba allah said...

Udah 7 hari anakku yang no2 usiax 5th bab keras ke dokter spesialis anak jg tidak membuahkan hasil.setiap anak ngedan sampai nangis ak ikutan lemas juga.ak mulai stres menangis dan menjerit dalam hati ya allah jika engkau datangkan penyakit in maka engkau jua lah yg mendatangkan jalan keluarx alhamdulillah setelah ak menjerit dalam hati dan berdoa semoga ad jalan keluar ak iseng buka google dan allah kasih jalan melalui liat blog mba mery ak senang bukan kepalang mungkin in jawaban dr doa ku.dan ak pun langsung beli ap yg disarankan mba mery setelah 4 kali anakku minum tepung kanji bab anakku yang kerasx dan sangat besar alhamdulillah keluar tanpa ngedan.sekarang ak sangat lega akhirx anakku bisa bab juga.semua penyakit pasti ad obatx asal kita berusaha dan berdoa.allah kasih jalan lewat blog mba mery.atas ijin allah penyakit bisa sembuh,thank you so much mba mery.tpo bgt

Hamba allah said...

Udah 7 hari anakku yang no2 usiax 5th bab keras ke dokter spesialis anak jg tidak membuahkan hasil.setiap anak ngedan sampai nangis ak ikutan lemas juga.ak mulai stres menangis dan menjerit dalam hati ya allah jika engkau datangkan penyakit in maka engkau jua lah yg mendatangkan jalan keluarx alhamdulillah setelah ak menjerit dalam hati dan berdoa semoga ad jalan keluar ak iseng buka google dan allah kasih jalan melalui liat blog mba mery ak senang bukan kepalang mungkin in jawaban dr doa ku.dan ak pun langsung beli ap yg disarankan mba mery setelah 4 kali anakku minum tepung kanji bab anakku yang kerasx dan sangat besar alhamdulillah keluar tanpa ngedan.sekarang ak sangat lega akhirx anakku bisa bab juga.semua penyakit pasti ad obatx asal kita berusaha dan berdoa.allah kasih jalan lewat blog mba mery.atas ijin allah penyakit bisa sembuh,thank you so much mba mery.tpo bgt

Hamba allah said...

Udah 7 hari anakku yang no2 usiax 5th bab keras ke dokter spesialis anak jg tidak membuahkan hasil.setiap anak ngedan sampai nangis ak ikutan lemas juga.ak mulai stres menangis dan menjerit dalam hati ya allah jika engkau datangkan penyakit in maka engkau jua lah yg mendatangkan jalan keluarx alhamdulillah setelah ak menjerit dalam hati dan berdoa semoga ad jalan keluar ak iseng buka google dan allah kasih jalan melalui liat blog mba mery ak senang bukan kepalang mungkin in jawaban dr doa ku.dan ak pun langsung beli ap yg disarankan mba mery setelah 4 kali anakku minum tepung kanji bab anakku yang kerasx dan sangat besar alhamdulillah keluar tanpa ngedan.sekarang ak sangat lega akhirx anakku bisa bab juga.semua penyakit pasti ad obatx asal kita berusaha dan berdoa.allah kasih jalan lewat blog mba mery.atas ijin allah penyakit bisa sembuh,thank you so much mba mery.tpo bgt

Hidup Bermakna said...

Terimakasih artikelnya yang jg saya alami mirip sekali dengan ibu. Doklter menganggap enteng. Kali ini saya coba pakai tepung kanji.terimakasih.

Unknown said...

Saya sudah mengikuti yg disarankan Bu Lucia Mery.
Saya menemukan blog ini kurang lebih 2minggu yg lalu, dan saat itu anak saya sudah 4 hari gak bisa BAB
Setiap hari selalu itu permasalahannya.
Seandainya hari ini bisa BAB, besok gak bisa BAB lagi.

Setelah baca blog ini saya langsung beli tepung sagu, karna disini susah cari tepung kanji.
Setelah di campur kesusu, sebentar2 ngeden, dan keluar cuma sedikit.
1 hari saya bisa habis tepung sagu 7 sendok takar susu
Besoknya langsung keluar batunya..
Lega rasanya..
Tp perjuangan gak sampai disitu aja.
Pasti besoknya gak bisa BAB.
Sepertinya saya musti rajin memakai cara jitunya bu Lucia Mery, karena setelah lepas dari campuran sagu, anak saya kembali susah BAB nya

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

anak sy usia 2 th 10 bln sdh 1,5 bulan ini BAB keras dan ada sedikit darah segar jg, sy bawa ke DSA dan di jelaskan ank sy kurang makanan berserat dan kelebihan protein hewani, kemudian di beri obt pencahar tp hasil ga begitu berhasil, sampai obat habis masih begitu jg, sy kembali lg ke DSA yang sama di beri obt pencahar kembali dan tetap ank sy dibilang makanan kurang serat dan kelebihan protein padahal untuk makanan pun sdh sy kasih sayur setiap hari 3x mkn pasti ada sayur, klo untuk buah2an ank sy tdk begitu suka buah hanya buah mangga sj, sy pun rajin ksh dy buah mangga dan untuk air putih jg sy sering2 ksh dy minum, sampai diminta dokter untuk stop protein hanya ksh protein kacang2ngan sy pun hanya ksh ank sy makan nasi, sayur dan tempe, susu pun d stop hanya 1x sehari untuk campuran obat pencahar sj, bingung sampai saat ini belum ada perubahan, dr dl memang ank sy terkadang sk bab keras tp tdk sampai ada darahnya seperti skr ini, semoga dengan cara ini ada hasilnya pada anak sy. terima kasih untuk mom mery dan mommy2 lainnya yg udh mau share jd banyak ibu lain d luar sana dengan masalah yg sama bs terbantu dan jd semakin banyak info. semoga cara ini berhasil untuk ank sy.

Anonymous said...

saya ita, usia anakku 15 bulan...susah bab sudah 3 bln...sekali bab 5 hari sekali pake nangis dan anusy berdarah. terimakasih infonya...semoga anakku sembuh dr sembelit...

Unknown said...

Anak saya jg sama dri umur o bln sd 1 tahun bab nya keras. Tpi pas 1 tahun saya ganti susu vidoran xmart 1-3 tahun baru akhirnya bab ny lancar. Tpi syang anak saya jd kurang nafsu mkan .

Unknown said...

Ce meri terimakasih infonya ce , saya mau tanya merk sufornya cece apa merk sufor juga mempengaruhi hasil penambahan tepung kanji ya ce? Soalnya ada bunda2 yang berhasil ada yg belum berhasil ce.. cece saya gak nemuin fb nya kalo cece berkenan add fb saya ya ilma ranita sari terimakasih ce

Unknown said...

Ce terimakasih infonya ce, merk sufor mempengaruhi gak sama hasil penambahan tepung terigu ce? Anak cece pakai merk sufor Apa?makasih ce

Winda R said...

Alhamdulillah ada tips yg alami, ingin sy coba jg. Krna anak sy usia 21 Bulan susah BAB, sdh ganti sufor dan BAB nya warnanya sdh Bagus, tp masih keras dan dia trauma untuk mngejan. Jd klo mau BAB dia malah tahan, kaki nya disilang dan ga mau jongkok. Smga nnti BAB nya lncar dan anak sy tdk takut lg untuk BAB

Unknown said...

Mba, untuk takaran ny gmn yaa????

Dyah Novita said...

Terima kasih artikelnya. Saya mempunyai masalah yang sama, dan baru menemukan artikel ini. Hari ini baru saya coba ke anak saya, moga-moga BABnya normal.

Anonymous said...

thanks infonya

Anonymous said...

thanks infonya

Unknown said...

Anak saya sembelit semenjak masih bayi,saat ini umurnya 1,5th
Saya dan suami sudah stress dan bingung dg sembelit anak saya ini yg bisa2nya 9hr gak BAB
Akhirnya suami saya searcing google dan ketemu blog mbak mery ini.saya pun bertekat mencobanya,saya berikan dengan mncampurkanya dengan susu uht kemasan 115ml dg 1sdt tepung tpioka merk g***ng a**ng dg dosis 3x1 pada hr pertama gak ada menunjukkan tanda2 apapun.hr kedua saya campur 1sdm tapioka msh dg susu yg sama mlm nya si ade mulai sperti mulas tpi takut.berarti ada respon dan hri ini adalah hr kedua itu mdh2an besok si ade bisa pup yg notabene sdh 3hr gak BAB..
Semoga masalah anak saya cepat tuntas
Makasih mba mery

Unknown said...

Siang bu merry saya lisa anak saya usia 2 tahun 10 bulan,saya sdh coba praktekin sesuai blog ibu yg ada di google,tapi anak saya bab nya jd mencret dan sdh 2 x bab.apakah mesti diksh teh pahit angat untuk menghilangkan mencret nya ya? Trus skrg lg mencret msh tetap di kasih atau tidak ya tepung kanji nya. Soal nya mengalami sembelit yang hebat bahkan kalo bab bisa 1 minggu sekali itu juga keras dan selalu dokter menganjurkan pake obat pencahar. Tapi saya liat anak saya juga kasihan kalo setiap bab nya keras dan sampe ngeden dan berkeringat bahkan sampe nanggis2. Jd kyk trauma gitu kalo setiap mau bab. Karena selalu di kasih obat pencahar sama saya. Gimana baik nya ya bu merry? Terima kasih. Tolong saya balas ke email saya nikenlienata21@gmail.com

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Hampir sebulan lebih sejak awal Mpasi anak saya mulai sembelit. Sudah nyoba pake buah macem2, yogurt, air putih, dll msh ttp sembelit. Terus nemu blog mb Mery ini.. saya coba ke anak saya. Tetapi krn anak saya masih 7bln, saya gak berani pake tepung kanji. Saya pake nya tepung sagu (beli di pasar) yang saya campurkan ke dalam buburnya tiap kali makan (hanya seujung sdt). Dan Alhamdulillah sudah 3hari ini.. untuk pertama kalinya selama Mpasi.. bab nya lembek. Makasih mb Mery.

Anonymous said...

Anaknya umur brapa bun ???? Di campur dimakanannya bayi atau gmn bun???

Unknown said...

Anaknya usia brapa bun??? Tepung dcampur d makanan atau susu bun???

Unknown said...

Apa aman untuk ibu menyusui mbak ?
Dengan usia anak baru 1 bulan .
Ud cb microlax gk berhasil .
Mau cb obat minum takut ada efek ke bayi . Mohon pencerahan

Unknown said...

Mbak maaf ku mau bertanya .
Aman untuk ibu menyusui dengan proses lahir caesar gk ?
Dengan usia anak msh 1 bulan .
Mohon pencerahan krn sangat menyiksa skli .

Unknown said...

Mbak maaf ku mau bertanya .
Aman untuk ibu menyusui dengan proses lahir caesar gk ?
Dengan usia anak msh 1 bulan .
Mohon pencerahan krn sangat menyiksa skli .

N. Ae said...

Siang bu,,, maaf keadaan anak saya dan usia nya sama persis anak ibu,, apa skrg anaknya sudah normal lagi Bab nya??

Anonymous said...

Greetings! Very useful advice within this post!

It is the little changes which will make the largest changes.
Thanks a lot for sharing!

Anonymous said...

Terimakasih, akhirnya doa saya terjawab, anak saya umur 2.5 thn,setelah saya campur satu sendok teh tep kanji ke 100ml susunya, langsung bab tanpa dibantu obat pencahar apapun. Terimakasih mba merry sarannya..

Nailynae said...

Makasih banyak infonya ya mbak..emang bikin stress bgt msalah sembelit anak ini, gonta ganti cara dari mulai yg kimia sampai yg herbal,ke dokter anak pun nggak nyelesaiin masalah. sampai akhirnya q nemu blog ini,pas baca sore hari,lgsg selesai baca q cobain minum ke anak,anakq msh umur 11bln dan full asi,jd tepung kanji 1 sdt q campur dengan 50ml air putih.syukur alhamdulillah bgitu q minumin ke anakq sehari sekali,dihari ke 4,anakq bisa bab banyak bgt dan nggak mencret jg nggak keras.teksturnya pas wlopun agak sedikit mengedan sambil nangis. Pdhl sebelumnya udah 10hari nggak bab.terima kasih banyak udah sharing info yg sangat membantu..

Unknown said...

kira2 1 tahun yang lalu saya pernah berkunjung ke blog ini, setelah browsing sana sini, disini diceritakan bagaimana galaunya para orang tau yang mengalama anak balitanya susaha bab, inipun kami alami, sudah browsing kemana2, ke blog ini salah satunya...saya baca satu demi satu, tepung tapioka juga pernah kami coba, hasilnya mungkin kurang cocok, anakku belum juga bab, saran dokter telah kami coba, dari buah2n, minum air putih, obat pencahar sampe cara "extrim" memakai du***lac pada anusnya..sampe menjerit anakku kalo di paksa memakai obat itu.,,ga tega kami melihatnya...konsultasi lagi ke dokter..tetep saran dan obat pencahar yang sama yang kami dapatkan....tp dokter juga menyuruh kami untuk melakukan tes pada anak kami., yaitu cara memasukkan cairan lewat anus dan kemudian di rontgen, sehingga apakah diperlukan tindakan operasi atau tidak, lupa juga nama tes-nya, tp kami tidak melakukan ini karena ga tega, denngan kebingungan saya sebagai ayahnya mencoba browsing2 lagi untuk mencari jawaban, pada suatu waktu saat saya tengah browsing, saya teringat bahwa Nabi Muhammad S.A.W kalau sarapan itu dengan roti gandum dan minyak zaitun (maapkan kalo saya salah ), saya berpikir kenapa ga saya coba minyak zaitun ya, tp untuk bayi apakah bisa di konsumsi, pertanyaan2 itu membuat saya makin intens browsing, ternyata ada minyak zaitun yang di peruntukkan untuk bayi (dewasa juga bisa)saya coba cek di online dan ternyata ada, saya coba 1 sendok makan + buah2an jus tiap pagi, Alhamdulillah... biasanya seminggu anak saya ga bab saya "colok" anusnya pake Dul**lac sekarang 1 minggu dia bab sendiri, sering juga bab seminggu 3x, paling telat seminggu 1x, byk faktor juga...maap belepotan nulisnya...sekadar sharing

Unknown said...

Alhamdulillah setelah berkali2 berobat,sampai hbs uang yg lumayan banyak ahirnya sy nemuin blog ini.anak sy blm BAB 4 hari,begitu menncoba resep di blog ini ahirnya anak sy bisa BAB meskipun msh agak susah.kemaren tdk BAB 2 hari dan ahirnya bisa BAB juga meskipun ngedennya lama.perlu diketahui anak sy berumur 2,5 thn sudah berbulan bulan susah BAB dan tergantung dg obat pencahar.tp setelah mencoba tepung kanji,alhamdulillah dia bs BAB tanpa pencahar meskipun msh agak susah karena sy baru 3 hari mencoba resep ini.mudah mudahan kedepannya BAB anak sy lbh mudah lagi.thank's buat mery dan teman teman yg udah ngasih testimoni

Unknown said...

Hallo semua
Saya juga ibu yang mempunyai pengalaman serupa
Putri kecilku anak no3 dan Putri sendiri kakak2nya cowok2
Usia 20bln
Sama pernah sembelit dan membuat saya stres
Mulai MpAsi sering sembelit dan akhirnya trauma tdk mau BAB
Bingung kenapa dan blm ketemu jawabanya setelah baca ini saya coba tepung tapioka memang dia agak kebelet tp juga blm berhasil
Ganti coba bekatul blm juga
Alhamdulillah setelah tanya sana sini ada yg bilang minumi kopi hitam saja
Saya tdnya juga gk percaya masak bisa
Saat itu Eyangnya baw kopi hitam dan sy coba cuma minum satu sendok makan langsung BAB dan masih keras
Saya pikir lagi besoknya coba saya yg minum kopi karena dede masih Asi jd pasti ada pengaruhnya
Dan ternyata benar tiap hari saya minum kopi tp bukan kopi hitam cukup satu cangkir sehari kopi GoodD_y yg capucino Subhanallah sekarang setiap hari bisa BAB.....
Sekian info saya semoga bermanfaat ....
Karena memang sedih jika anak sembelit

Anonymous said...

aNak saya sembelit mulai 1 taun...karena masih asi jadi saya gak terlalu kwatir. 2 taun lepas asi sembelit tambah parah...udah periksa ke dokter dikasi laktulosa n disuruh terapi, habis terapi memang bisa bab tp setelah 2mgg sembelit lg, trus mau coba pake tepung kanji malah di tempatku gak ada yg jual, akhirnya aku coba buat jeruk peras 2 sdm gula. mulanya tiap 10hari sekai bab skrg dah 3hari sekali. anak saya sekarang usia 4 taun.mg bermanfaat.

Anonymous said...

I'll try mom...❤️
Lega banget nemu ini pas lagi cari suplemen serat yang kesekian mau saya coba karna gejala yang sama persis. thank you God bless 💕

Cyintia1410 said...

Jenis susu nya merek apa bun kl boleh tau

Unknown said...

Halo mbak,gimana anaknya sekarang masih berdarahkah pantatnya saat bab?soalnya sekarang saya lagi ngalamin kasus seperti mbak.pantat anak berdarah kalau bab.anak saya perempuan 7 tahun.mohon balas ya mbak boleh disini boleh kenomor 081377222720.

Unknown said...

Mbak gimana kabar anaknya sekarang.tolong dibalas plisss

Unknown said...

Hallo

Unknown said...

Kalo minum air gula dikasih kanji gimana mbak mery,apakah bolee,soale anak saya minum susu tambah sembelit

Selfi said...

Moms just sharing.. Saya juga sempat merasakan frustasi karena anak sembelit (4thn), melihat dia menangis kesakitan jgn ditanya ya bagaimana perasaan saya. Sudah 2x dibawa ke dokter jawabannya karena kurang serat. Harus bnyk mkn buah dan sayur bla.. bla.. bla.. padahal saya sudah jelaskan bahwa anak saya ini kurang mau makan nasi, sudah dibujuk seperti apa pun susah sekali moms, maunya hanya minum susu. Dokter tidak ksh obat apapun, akhirnya saya inisiatif beli fruit blend dan dicampur di susunya, seminggu berhasil, tp selanjutnya tidak tp tetap saya teruskan sampai habis 1 botol. akhirnya saya liat blog ini dan mencoba tepung tapioka ke susunya but its not work too. akhirnya saya pindah ke dsa lainnya, dsa nya tanya sangat detail dan dia curiga anak saya penyempitan di saluran antara anus dan ususnya, tp itu semua bs dipastikan harus dengan rontgen. Sementara beliau resepkan "Prebiokid" (prebiotik) dan "Lacons" (Laktulosa). Resepnya untuk 5 hr moms. Besokannya lsng lancar pups nya moms, tp saya lanjutkan terus obatnya sampai habis. Begitu habis saya langsung lanjutkan dengan Nature's Ways Kid Smart Probiotic Choco Balls moms, Probiotic berbentuk permen coklat sehari berikan 1bh saja moms. Dan sekarang sudah habis 1 botol (50bh) lanjut botol kedua. Puji Tuhan tidak ada lg drama pup nangis2 lg moms. Saya bukan iklan ya moms, saya gak jualan hehehe...

Lucia Mery said...

Halo mbak,gimana anaknya sekarang masih berdarahkah pantatnya saat bab?soalnya sekarang saya lagi ngalamin kasus seperti mbak.pantat anak berdarah kalau bab.anak saya perempuan 7 tahun.mohon balas ya mbak boleh disini boleh kenomor 081377222720. +> anak saya sekarang sudah SMP dan sudah ngak ada masalah lagi dengan BAB-nya. Terima kasih.

Lucia Mery said...

Kalo minum air gula dikasih kanji gimana mbak mery,apakah bolee,soale anak saya minum susu tambah sembelit ==> Boleh dicampur apa saja, asal anaknya mau.

Lucia Mery said...

Jenis susu nya merek apa bun kl boleh tau ==> saya mencoba dan mengganti berbagai macam susu, ngak ngaruh.

Lucia Mery said...

tapi bu,saat di beri susu sama kanji kan setelah unur 4 tahun khan ?
Kalo yg umur 1 Thn ke bawah ??? ==> Di bawah 1 tahun tolong konsultasikan ke dokter anak.

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 226   Newer› Newest»