Friday, May 6, 2011

Tips memulai toilet training di malam hari

Karena membaca status seorang teman, saya jadi tertarik untuk berbagi tips memulai toilet training untuk anak, berdasarkan pengalaman pribadi.

Menurut saya, umur yang paling tepat untuk memulai adalah ketika anak tepat berumur 1 th. umur 1 th,anak kupakaikan pampers, tapi tiap malam 2X aku pipiskan dia. Setelah dia berhasil 2 minggu tanpa membasahkan popok, aku baru lepaskan popoknya.

Memang repot, tapi lebih aman. Bukan cuma demi kasur, tapi aku lebih kasihan anaknya yang tidur bergulung dengan air kencingnya. Takut masuk angin.dan baunya itu yang ngak tahan.

Semua anakku mulai umur 1 th, aku pipiskan tiap jam 11 dan jam 3 subuh. Waktu umur 1,5th, mereka bangunkan saya minta dipipiskan. Setelah 2 th, mereka bisa bangun sendiri dan pipis sendiri. Dan aku bisa tidur tenang sampai pagi.

Cuma waktu mulai latihan, tetap pakaikan pempers saja. Bila sampai besok pagi tetap kering, berarti sukses. Kalau sudah yakin, baru lepas pampes. Oya, saranku sih jangan kasi pempes yang mahal dan enak, karena anak bakal keenakan.

Kalau aku, sengaja beli pempes yang agak murah, sehingga anakku tidak suka pakai pempes itu dan kemudian berusaha untuk tidak ngompol (karena kalau ngompol akan kupaksa tetap pakai pempesnya).

Waktu ke mall umur 1,5th, anak saya sudah gak mau pakai pempes. Dia memilih bilang "pipis" dan pipis di wc mall.

Semoga bermanfaat. 

03022011

~Lucia Mery

No comments: