Saturday, January 23, 2010

Tepung Kanji untuk Anak susah BAB


Sejak lahir, anakku mengalami sembelit. Biasanya dia BAB setiap 5 hari sekali.
Karena masih minum ASI, banyak yang menganggap normal jika bayi BAB 5 hari sekali. Tetapi bayi saya kelihatan sangat menderita setiap kali akan BAB. 

Mulai usia 1 bulan, saya telah membawanya ke dokter anak, dan sejak saat itu dia diberikan obat pencahar. Berbagai obat pencahar telah saya berikan pada anak saya atas resep dokter, mulai dari Lakxoberon, Laktulax, Lactulose, Dulcolax, dan lax-lax yang lain sampai saya sudah lupa saking banyaknya.

Saya juga telah berganti dokter berkali-kali. Beberapa dokter anak saya temui, dari dokter umum sampai dokter penyakit dalam anak-anak, karena saya takut anak saya terkena gejala hisprung.

Bermacam-macam serat makanan diberikan pada anak saya, seperti Pankreon, Biomucil, dan beberapa jenis lagi yang saya lupa namanya, tetapi keadaan tidak berubah.

Yang saya kesalkan, hampir semua dokter yang saya temui, kelihatannya menganggap enteng masalah saya. sampai saya sendiri yang mengajukan permintaan untuk USG usus anak saya, dan bahkan di-rontgen, atau kalau perlu di-endoscopy, tetapi kemudian saya mendengar dari orang, katanya endoscopy adalah proses yang sangat menyakitkan, di mana perut harus dikosongkan dan anak diminumkan cairan kuning yang bisa dilihat dari mesin, untuk melihat apakah ada penyumbatan atau tidak di ususnya.

Akhirnya saya bertahan selama 4 tahun... Empat tahun yang sangat menyedihkan bagi saya karena setiap kali mau BAB, anak saya akan ketakutan. Ketika dia tidak tahan lagi karena obat pencahar yang diminumnya, dia akan mengedan sampai berkeringat, muka dan seluruh badannya merah dan panas, lalu dia akan muntah. Menangis? Tentu saja. Saya juga menangis bersamanya.  Jika sudah begitu, terpaksa saya gunakan obat pencahar yang ditusukkan ke anusnya. Tapi efeknya anak saya menjadi trauma, dan dia mulai menjadi aneh, seperti sering bengong dan melamun begitu, sampai saya berpikir untuk membawanya ke psikolog anak/ psikiater.

Selama hampir 4 tahun saya menggunakan obat pencahar, baik yang dimasukkan lewat anal maupun oral, sehingga saya merasa saya sudah sangat pakar dalam hal obat2an untuk mengatasi sembelit ini.

Sekarang saya hanya mau share, apa saja yang telah saya lakukan selama hampir 4 tahun ini, selain ke dokter, di USG, di-rontgen, dan minum obat pencahar :

1. Anak dihentikan susu formula dan digantikan dengan air tajin selama sebulan atas saran dokter juga. (tidak ada hasil)
2. Dibuatkan jus jeruk, semangka, anggur, bayam, kangkung, melon, pepaya, selama seminggu untuk masing-masing buah... dan saya lakukan selama bertahun-tahun walaupun tidak ada hasil, karena saya pikir, anak saya juga membutuhkan serat dan vitaminnya.
3. Diberikan clorofil (air hijau klorofil yang katanya banyak serat dan dijual oleh MLM) setiap pagi dan sore ==> tidak ada hasil juga. Clorofil bisa juga didapatkan di apotik.
4. Diberi minum air putih banyak-banyak ==> tidak ada hasil
5. Diberikan satu sendok minyak zaitun setiap pagi ==> (tidak ada hasil)
6. Diberikan minyak ikan... apalagi ya???
7. Sampai saya menemukan artikel mengenai tepung sagu (saya ada copy dan posting di blog saya yang sebelumnya).
Tidak ada satupun kalimat yang mengatakan bahwa tepung sagu ini cocok untuk bayi, tetapi saya memutuskan untuk mencobanya, karena saya lihat tidak ada efek sampingnya. Saat itu saya sudah putus asa. Saya juga merasa bahwa tepung ini cukup aman, karena merupakan salah satu bahan makanan juga. Sering kan kita masak sup jagung dan memasukkan beberapa sendok tepung kanji di dalamnya untuk mendapatkan efek licinnya? Kemudian saya berharap dan berharap...Setelah saya coba, ternyata sedikit hasilnya.
8. Karena tepung sagu cukup sulit dicari, maka saya menggantinya dengan tepung kanji, atas dasar penuturan beberapa teman di internet yang mengatakan bahwa kedua tepung ini hampir sama.

TERNYATA.....

9. Dengan tepung kanji, untuk pertama kalinya selama hampir 4 tahun ini, anakku bisa BAB dengan lancar tanpa obat pencahar....saat ini sudah berjalan hampir 1 tahun... tidak pernah lagi menggunakan obat pencahar.

Caranya :

Saya masukkan satu sendok tepung kanji ke dalam 4 sendok susu untuk membuat susu 160 ml. Saya lakukan setiap kali saya membuat susu...(kurang lebih 6 kali sehari)
Tapi ada yang mencoba resep saya,dan anaknya menjadi mencret dan BAB sampai 3 x sehari, maka tepung kanjinya dikurangi menjadi cukup 1 x saja sehari. jadi takarannya tergantung kebutuhan. Karena anak saya gejalanya cukup berat, walaupun saya berikan tepungnya setiap kali dia minum susu, dia tetap aja BAB tiap 2 hari sekali,atau 1,5 hari dan BAB-nya tidak encer dan tidak mencret (tidak keras dan tidak encer-pas).

Sudah hampir setahun anak saya minum susu dengan dicampur tepung kanji, dan mungkin akan selamanya saya berikan. Setahu saya, tepung kanji tidak ada efek samping.saya pilih yang bermerek, aman dan jelas higienis. Tepung kanji menjaga feses anak saya tetap lembut. Sebelum minum tepung kanji, fesesnya hitam, keras, bulat dan kering. Setelah minum tepung kanji, fesesnya berubah menjadi kuning dan agak basah.

Walaupun minum tepung kanji, anak saya tetap tidak bisa BAB setiap hari, tetapi tidak masalah, karena sekarang kalau dia BAB, dia tidak lagi mengedan sampai mukanya merah dan muntah.

Suatu hari,saya belikan dia susu cair In**milk (sori menyebut merek, karena yang lain tidak mempunyai efek yang sama buat anak saya), dan setelah minum susu itu, dia bilang perutnya mulas dan mau BAB. Jadi setiap sore, atau kadang 2 hari sekali, saya juga memberikan susu itu padanya untuk merangsang keinginan BAB-nya. saya tidak mengatakan kalau susu itu bikin anak saya sakit perut, tetapi susu itu menolong membuatnya merasa mau BAB. Anak saya yang lain juga mengkonsumsi susu itu dan tidak ada pengaruh apapun.

Jika anak mau minum tepung kanji tanpa dicampurkan ke susu, silakan saja. Cukup 2 sendok tepung dilarutkan dalam segelas air putih suhu ruangan dan diminumkan ke anaknya. Boleh dicampur gula atau apapun, asalkan anak mau meminumnya.

Saya harap ibu-ibu yang lain bisa terbantu dengan blog saya ini, karena saya mengerti betapa menderitanya melihat penderitaan anak kita yang menderita setiap kali mau BAB, apalagi jika menemukan dokter yang menganggap enteng masalah ini....

Semoga bermanfaat.....

Jika ada pertanyaan, silahkan kirim email ke alamat email saya, dengan subjek yang jelas, karena saya jarang membuka blog saya.

Selamat mencoba, tetapi resiko dan efek sampingnya, silakan dipertimbangkan dan ditanggung sendiri. Di sini saya tidak mencoba meyakinkan atau memaksa siapapun yang merasa ragu untuk mencoba terapi tepung kanji ini. Saya menulis di sini murni hanya untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Terima kasih.

: Baca artikel lengkap dan sharing komentar dari pembaca lain di sini:

https://luciamery.blogspot.com/2010/06/sembelit-anakku-sembuh-dengan-tepung.html

43 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Lucia Mery said...
This comment has been removed by the author.
Lucia Mery said...

ibu Rasyha, ada yang saya lupa sampaikan...jika anak ibu sudah diberikan tepung kanji dan tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, berarti tepung kanji tidak cocok untuk anak ibu, dan ibu bisa hentikan pemberian tepung itu.jika ibu mau,tidak ada salahnya ibu mencoba beberapa alternatif lain seperti minyak zaitun (olive oil) atau klorofil. semoga anak ibu cepat sembuh.

Andi said...

Hi Mery

Anak saya daniel susah BAB selama 2-3 minggu...udah ke dokter and minum obat pencahar..still susah BAB
finally after seaching di internet
ketemu Blog Mery ttg Tepung Kanji
and " with little bit of luck " bisa consult ama Mery...and dikasih advise ttg susah BAB...
and minggu ini Daniel sudah BAB setiap hari
Thanx to Mery...
semoga ini bisa membantu parents lain yg mencari cara untuk membantu anaknya yg susah BAB

nb : tepung kanji + ganti susu formula ( frisian flag ) + sorbitol

Unknown said...

Hi Mery,
Saya Anto sy memang belum coba solusi dari anda. saya pengen share dahulu kenapa anak saya susah BAB, anak sy Michael umur 4th sebelumnya nga ada masalh dgn BAB mulai ada masalah pd waktu umur 3th, pd suatu ketika michael nga BAB hampir 2 minggu kami org tua panik dibawah lah ke RS nah disana lah dimasukan obat pencahar dr dubur dia kaget & menangis tdk karuan sakit duburnya sy takunya karena kejadian itu anaknya jd trauma. Soalnya sampai dengan skrng tiap mau pup ditahan2 sama dia katanya pantanya sakit sampai2 menangis klu nga keluar dgn sendiri tp kondisinya sy jd kasihan "pertanyaan sy apakah dia menahan pupnya takut sakit pd waktu keluar atau emang agak keras pupnya sy lihat emang agak keras pupnya, sy konsultasi dgn okter katanya akibat alergi sama makanan dll. Dengan kondisi susah BAB ini anak sy jd mudah uringan2 nga jelas, dikasi tau dikit walau nga dimarahin dia nangis, makannya jadi susah + skrng aja jadi susah mau diajak ke sekolah kalau pun pada awal semangat mau ke sekolah sampai ke sekolah langsung nangis nga sekolah mungkin ada saran bagaiman anak mau dengan sendirinya ke sekolah. waduh curhatnya kebanyakan thx bisa comment diblog nya Merry. ohhh iya anak sy skrng minum susu formulanya Procald Gold 4. Untuk teman2 yg comment diblog ini kalau ada saran bisa email ke pet.oey.yong@gmail.com

Anonymous said...

yth. Bu Merry, Pak Andi

anak saya juga susah sekali bab, dan begitu lihat saya pegang microlax langsung nangis+menjerit-jerit. saya akan mencoba, resep tepung kanji ini dan tolong Pak Andi bisa disebutkan mereknya dengan detail, karena daripada mencoba-coba dan bukan untuk promosi, tetapi lebih kepada pertolongan secepatnya kepada anak saya. susu formula dari frisian flag itu yang mereknya apa? kemudian sorbitol itu apa? beli dimana dan bagaimana penggunaannya.

dan kalau ada Bapak/Ibu yang bisa membeli tepung sagu, dimanakah tokonya dan mereknya apa, sehingga saya bisa membelikan untuk anak saja.

terus terang, hati saya miris melihat anak saya kesakitan seperti itu.

terima kasih atas sarannya.

gunawan agung
gunawanagung at yahoo dot com

Andi said...

To Anto

Anak sy Daniel mulai susah Bab
dari waktu dia ganti susu ke Procal Gold
Saran saya coba ganti ke susu formula lain

wow sampai 2 Minggu yach..lama sekali
biasanya kalo sudah sampai 3Hr sudah saya tusuk pantatnya supaya bisa BAB

Lucia Mery said...
This comment has been removed by the author.
Lucia Mery said...

hello pak Anto,
coba anda buka link ini :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konstipasi
dan lihat bristol stool chart-nya.
ada di level apa feses anak anda? jika ada di type 1 dan 2 berarti masalah anak anda bukan di traumanya.tapi memang fesesnya yang terlalu keras.karena itu,anda perlu melakukan pengobatan.

Lucia Mery said...

@all: 1. mungkin perlu saya sampaikan lagi disini bahwa tepung kanji tidak boleh dimasak dan tidak boleh dicampur dengan air panas,karena tepung kanji akan berubah menjadi lem.
2. untuk anak dibawah usia 1 tahun,TIDAK SAYA ANJURKAN.
3. jika anak ibu berhasil sembuh dengan tepung kanji ini,tolong kembali kesini dan membagikan pengalaman anda ya...^^
terima kasih.

Yoke taufik said...

Hai....anak sy namany Kaylee,sejak umurny 10 bln mulai sembelit,udh ke dokter d ksh obat pencahar tetep seudah ny keras lg,sampe minum d sendokin (sampe skr jg msh). Buah n sayur selalu tiap hari sy kasih,kalo udah 4 hari terpaksa sy kasih juice prunes yg asem,anak sy gk menolak dan memang gk lama dia bab,cuma msh tetep keras. Prnh baca jg d artikel katany bab keras bs krn kebanyakan protein (telur,daging sapi,udang),juga kebanyakan mineral dari vitaminny. Smua sy berentikan,daging,udang,telur sy stop,sy banyakin sayur. Tp tetap bab ny keras n bisa seminggu cm 2 kali. Sempet kepikir apa panas dalam,tp dipikirin lg,lha tiap hr buah dan sayur gk pernah lupa. Br 2 minggu ini sy nyoba saran dr bu mery...yg sebelumny suami sy yg browsing kesana kemari (maklum,soalny sy yg uring2an krn malah bab anak). 2 kali nyoba tiap pagi n malem mau bobo susu ny campur sm tepung kanji bab ny langsung lancar,gak keras lg,ngeden jg gk kuat2....mukany udh gk merah kalo ngeden. Td ny bab nya sampe kayak anggur...bulet2 kecil tp menyatu n besar sekali....tp skr udh gak gt lg. Biarpun bab 2 hari sekali (kadang tiap hari) udh gk keras lg. Sy jg nyaranin k tetangga yg anakny bab keras krn gk mau makan sayur,n berhasil jg bab nya gk keras. Wah senang nya yah,bisa berbagi ilmu. Udh gk uring2 an lg deh liat anak susah bab nya....tp sampe kapan yah pakai tepung kanji terus?bisa gk one day d stop.....

Anonymous said...

Sudah ngalami Anak susah BAB Sejak anak umur 7bln s/d umur 2,5thn.Feses hitam&agk keras.Ternyata anak kena infeksi usus.Sama Dokter di ksh obat,susu formula max 1x sehari.Itupun hrs encer.Ganti dgn tajin,tiap hari ksh jus buah.Puji Tuhan skrg sudah lancar.

Cipto said...

Mudah-mudah ide ini bisa membantu.
sejak akhir bulan maret 2012, anak saya (umur 1 tahun) susah bab. kasihan banget klo liat dia ngeden sambil nangis2. klo bab biasanya 2-3 hari sekali. jurus terakhir saya biasanya microlax TAPI saya tidak akan penah memberikan obat2an kimia lagi ketubuh anak saya, sy lebih memilih obat alami.
Info : Susu anak saya sebelumnya Bebelac 3 diganti dengan Dancow 1+ penyebab susah bab, sy yakin bukan dari susunya, karena penggantian susu dari Bebelac 3 ke Dancow 1+ justru untuk mencegah anak sy susah bab. ternyata tidak ada perubahan.

Cipto said...
This comment has been removed by a blog administrator.
aqua said...

Dear all,
Salam kenal,nama saya Tirta,ibu dari 1 org putri,namanya cia,umurnya 2 thn.Anak saya pernah mengalami susah BAB selama 5 bln,sampai akhirnya saya menemukan solusi.Mungkin solusi ini bs cocok buat anak teman2.Coba diganti sufornya dg dancow 1+ atau dancow nutrigold.Krn di dlm susu dancow ada kandungan prebiotik & probiotik yg brmanfaat bagi usus.Cia sdh prnah minum bbrp merk susu,dαŋ cocok dg dancow nutrigold.BAB nya yg dulu 3 hari sekali skrg jd tiap hari & tanpa mengejan trlalu heboh,fesesnya jg lunak.Smg brhasil ya mom & dad :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Lovely Chloe Hidayat said...

Dear Bunda Merry

Salam kenal, thanks God saya menemukan Blog ini ketika browsing masalah anak susah BAB.

Anak saya Reenata Annisa Hidayat 3 th 2 bln sempat dirawat di ICU dikarenakan trombosit 8000 dan HB 4 CRP +52 ,harus transfusi darah 3 kantong, 2 hari di ICU kemudian ke kamar perawatan biasa, sempat BAB keras ( sambil nangin dan pantatnya seperti luka) di hari ke 2 di ICU, tetapi sudah 4 hari tidak BAB di kamar perawatan Biasa diberi obat pencahar ( dulcolax) hmpir 1 botol habis belum juga BAB dan dari dokter suggest di rontgent sebelum diambil tindakan memasukan obat dari anus ( mikrolax) dan hasil rontgent memang ternyata feses mengeras membuat tidak BAB jadi dimasukanlah obat via anus, tdk sampai 2 menit langsung BAB, sebenarnya ini tidak recomemded menurut dokter hanya contigency dan anak saya trauma dengan obat via anus ini, dia jd secara kejiwaan tidak mau BAB karena takut pantat sakit dan takut microlax

hari ke 6 kami diperbolehkan pulang karena sudah normla HB dan trombosit serta CRP nya tetapi tidak dengan BAB nya dirumah sudah 4 hari tidak BAB juga sampai saya coba kanji

saya coba di susu 4 kali saja di malam hari keesokan paginya dia BAB agak keras dan besar dan soreharinya samapi malam keluar semua BAB dia yang tertunda dan sudah tidak keras

sekarang BAB anak saya sudah normal, terimakasih tips tepung kanji ini

rgds
Nana

Lovely Chloe Hidayat said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Watik said...

hi mery
Anak saya Umur 1,5 Bulan
anak saya susah sekali BAB Dan saya sudah pakai pencahar yang di masukan ke anusnya,,,, dan itu mau buang air
dan itu setiap kali mau BAB,,,,,
tapi masa harus Stiap BAB di kasih pencahar Kasian liat anak saya,,,,
tapi saya mau coba yang anda berikan
mudah-mudahan mau BAB tiap hari

Anonymous said...

dulu anak saya juga bab nya suka keras sampe kayaknya tiap kali bab kesakitan... Saya pake cara misalnya untuk air 150ml biasanya 4 sendok surfor diubah jadi 3 sendok..serta makan buah2an.. Karena anak saya sehari bisa susu sampai 5 - 6 botol jd kayaknya kalo diencerin sedikit ngak ada masalah ... Atau dikasih yogurt tp jgn kebanyakan yah mom karena agak asam takut lambungnya ngak kuat. Semoga berguna..

Lucia Mery said...
This comment has been removed by the author.
Lisa said...

Mau sharing..anak aku juga suka sulit BAB, tp semenjak minum tepung kanji yg dicampur susu jadi lancar kembali..terima kasih yahh atas infonya

Anonymous said...

Ak ibu dr anak usia 3th, ak jg mengalami masalah yg sama spt para mommy yg ikut sharing dsni. Awalny anakku normal dlm bab, tp semenjak ak latih unk toilet training sprtny anakku stress,dy seperti menahan keinginan unk bab, kami tgg hingga dy mulas alami, dan itu bisa sampai 7hr dan solusi yg kami bwt a/ dgn memberiny mikrolax, dan sudah 2 bulan selalu begitu. Ak merasa b'salah kpd anakku dan b'usaha unk tdk memaksa dy unk toilet training kembali. Ak sudah periksa k DSA tp hasilny msh blm memuaskan. Begitu ak browsing dan menemukan artikel ini, ak spt pny harapan dan akan mencobany unk anakku. Terima kasih mommy merry for the precious article. Mdh2an berhasil n ak akan sharing kembali dsni :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Aida Vyasa said...

Dear mary and all ...
Sejak november 2013 hingga sekarang ini anakku umur 3 tahun juga susah pup. Belum coba tips tepung kanji. Sama dokternya dikasih Pisucon buat terapi. Cuma aku ga tega kalau tiap hari dikasih itu. Kalau sdh 4 harian ga pup aku kasih microlax. Ya anaknya nangis cuma gimana lagi. Kasihan kalau lama ga pup. Dia suka nahan kalau pup dgn alasan pup nya gigit2 atau maksud dia keras. Kalau dikasih pisucon dia jd bisa ada rasa mules dan pup lunak. Kata dokternya sih aman tp ga tega kalau harus pakai sodium picosulfate terus ya. Kalau gantinya tepung kanji apa yah. Tepung sagu?

Aida Vyasa said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Salam.
Para bunda tolong saya butuh pencerahan tingkat tinggi. Anak saya umur 14 bulan (btw sy gada asi), semenjak 4 bulan kebelakang mengalami sembelit. Berbagai cara udah dilakukan:
- Air putih
- Air putih +gula
- Pepaya tiap pagi
- Pencahar yang diminum
- Pencahar yang dimasukkan ke anus (awalnya pup tp kesini2nya susah lg)
- Tepung kanji campur sufor (awalnya pup tp kesini2nya susah lg)
- Rebusan daun salam
- Fruitblend 18 jr (awalnya pup tp kesini2nya susah lg)
- Ganti sufor, beralih ke dancow 1+ (awalnya pup tp kesini2nya susah lg).
- Ke DSA sudah pasti, dan ujung2nya disuruh minum obat pencahar terus sampai dosis di+, kasian kan..makanya saya stop, karna ga da hasilnya juga.

Untuk para bunda yang punya/tahu `cara lain` yang lebih ampuh, mohon kirimkan segera advisenya ke email, dian.a_nugraha@yahoo.co.id
Ditunggu banget, banget, banget hiks.. Makasih ya...

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Doin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Pertama2 mksh buat ALLOH,yg kedua mksh ya mba merry,anak sya dah bisa normal BAB lgi.pdhal seblmx dia selalu pake ....yg diksh masuk dipantat berkat tepung kanji anak ku udh bisa BAB dgn lancar..

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Lucia Mery said...

Beda tepung sagu dan tepung tapioka

http://www.diahdidi.com/2013/12/tepung-sagu-versus-tepung-tapioka.html

Anonymous said...

Dear ibu tirta
Nama sy ayu ibu dr 1 putri.. Alhamdulillah berkat saran ibu untuk mengganti sufor ke dancow 1+ anak sy jd gak sembelit lg.dl tiap kali bab slalu nangis.susah keluarnya.kalo sdh keluar pasti keras.babnya 3-4 hari sekali.tp berkat saran ibu skrg bab anak sy jd lancar,malah kadang 1 hari bs smpe 2x.dan gak pke ngeden2 lg smpe nangis.makasi bu,semoga kita sekeluarga selalu diberi kesehatan.amin

Unknown said...

Anak qu jg susah bab,udh 6 hri....stiap mw bab dia nangis2..
Udh q kasi microlak gk keluar jg..bingung,sedih ngeliat ank q...tp q mw coba pkek tepung kanji yg d saran kan mbak merry,moga2 ad hasil.. amiinn..

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Hi merry..
Thank you so much untuk info tepung kanji nya.. sebelum konsumsi tepung kanji anak saya 19 bulan kalau mau bab selalu kesakitan karena fesesnya keras sekali.. anak saya selalu nangis nangis bahkan sampai trauma untuk bab.. krna trauma jd anak saya kalo mau bab selalu di tahan.. untuk jongkokpun tidak mau krna dia tau kalo jongkok bab nya akan keluar tp keras.. kesian dan ga tega liatnya.. bahkan wktu itu buah pepaya pun seakan tidak mempan.. tp skrg setelah konsumsi tepung kanji yang saya campur dgn susu nya.. anak saya sudah tidak sembelit lagi..
Skrg tiap hari sudah bab.. walau masi merengek kalo mau bab, tp hanya sebentar..
Thx bgt ya info nya mba merry..

ella bahar said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ella bahar said...
This comment has been removed by a blog administrator.
ibu mommy said...
This comment has been removed by a blog administrator.